Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Melalui Inovasi “Yogjakara”

Authors

  • Retno Yuliyanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rosali Sembiring Colia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • A'immatul Fauziah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v3i1.165

Keywords:

inovasi, usaha ekonomi, yogjakara

Abstract

Minuman tradisional jamu merupakan salah satu bentuk kearifan lokal di Indonesia yang perlu dilestarikan agar tidak kalah dengan minuman kemasan kekinian yang praktis dan menarik. Kondisi perekonomian yang menurun akibat pandemik COVID 19 membuat ibu rumah tangga terpaksa berjualan demi membantu keuangan keluarga dengan berjualan minuman jamu. Tujuan kegiatan PKM ini adalah agar usaha ekonomi produktif ibu rumah tangga Kampung KB melalui inovasi yogjakara memiliki kualitas dan kuantitas produk sehingga meningkatkan nilai tambah. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan PKM adalah melalui pendampingan yang dilakukan tentang pentingnya memproduksi olahan jamu menggunakan alat teknologi agar efisien dan higienis serta pengelolaan sistem manajemen yang tepat mulai dari pemilihan atau persediaan, penyimpanan bahan baku sampai pengolahan produk berjalan dengan efektif dan efisien serta mengajarkan cara menjaga kehigienisan peralatan yang digunakan karena mitra menggunakan botol plastik atau bekas sirup sebagai wadah jamu. Selain itu pendekatan penyuluhan tentang khasiat minuman herbal terutama jahe dan yoghurt bagi kesehatan. Selanjutnya pendampingan pengetahuan manajemen dasar terutama tentang pelaporan keuangan, menentuan harga jual, dan pembuatan label untuk produk. Luaran dari kegiatan PKM ini didapatkan rerata skor tinggi untuk pengetahuan dan sikap peserta terkait obat herbal, peningkatan kualitas dan kuantitas produk, sistem produksi yang lebih efisien, memahami pentingnya sterilisasi peralatan serta dapat mengatur harga penjualan produknya dan memasarkan produknya dengan menggunakan label sendiri. Kesimpulan dari kegiatan ini bahwa melalui pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat lewat inovasi produk dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

Author Biographies

Retno Yuliyanti, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Fakultas Kedokteran, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia

https://scholar.google.co.id

Rosali Sembiring Colia, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia

A'immatul Fauziah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia

https://scholar.google.co.id

 

 

References

Dinkes Depok [Dinas Kesehatan Kota Depok]. 2017. Kota Depok Tahun 2017. Dinkes Depok: Jawa barat

Muslimin LBW, Setiyawan B, Subekti NA, Sukesi H, Surachman H, Santorio A, Karim I, Hartini S, Yulianti A, Setepu IC, Khaidir. 2009. Kajian potensi pengembangan pasar jamu, Puslitbang Perdagangan Dalam Negeri Departemen Perdagangan RI.

Pemkot Depok [Pemerintah Kota Depok]. 2011. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Depok Tahun 2011-2016. 2011. Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 13 Tahun 2011.

Pemkot Depok [Pemerintah Kota Depok]. 2021. Covid-19 Pusat Informasi & Koordinasi Kota Depok jawa Barat. (n.d.). https://ccc-19.depok.go.id/.

Taufik H. 2009. Mengenal Pembuatan dan Manfaat Yoghurt. CV Sinar Jakarta: Jakarta.

Wahjuningsih SB. 2018. PKM Jamu Gendong Desa Brambang Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. https://repository.usm.ac.id/files/dedication.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Yuliyanti, R., Colia, R. S., & Fauziyah, A. (2022). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Melalui Inovasi “Yogjakara”. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36590/jagri.v3i1.165
Received 2021-11-01
Accepted 2022-06-22
Published 2022-06-30