Pelatihan UMKM Online Untuk Ketahanan Ekonomi di Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.36590/jagri.v2i2.171Keywords:
bisnis digital, bisnis online, UMKMAbstract
Pada tanggal 2 Maret Tahun 2020, pemerintah mengumumkan ada dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia, sebagai awal pandemi covid di Indonesia. Berbagai tindakan telah diambil oleh pemerintah untuk mengendalikan penyebaran Covid 19. Salah satunya adalah pembatasan sosial berskala besar bagi masyarakat. Berdasarkan data dari media bahwa laju pertumbuhan ekonomi Indonesia terjun bebas di tahun 2020. Pemerintah menyebutkan penyebabnya adalah adanya pembatasan sosial berskala besar. Diperlukan peran serta pemerintah, akademisi dan masyarakat untuk bersama sama membangkitkan ekonomi. Salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan adalah pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Untuk menggerakan usaha usaha UMKM ini diperlukan pemicu, wawasan dan motivasi dalam pengembangannnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan seminar dan pelatihan bagi mahasiswa, masyarakat umum dan para UMKM tentang wawasan dan implementasi dari bisnis online. Pelatihan dilakukan secara online dan tatap muka dengan para mahasiswa dan pelaku UMKM dapat diterima dengan baik dan penuh antusias dari peserta, meski dilakukan dalam waktu yang terbatas.
References
Aisyah S. 2020. Dampak Pandemi COVID-19 Bagi UMKM Serta Strategi E-Marketing UMKM di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 3–9.
Arianto B. 2020. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.
Arisandi D, Fitriansyah A. 2021. Pelatihan Desain dan Kemasan Produk Sebagai Upaya Meningkatkan Omset UMKM di Kota Batam. 2(2), 121–130. https://doi.org/https://doi.org/10.33753/ijse.v2i2.36 DOI: https://doi.org/10.33753/ijse.v2i2.36
Ihsanuddin BG. 2020. BREAKING NEWS: Jokowi Umumkan Dua Orang di Indonesia Positif Corona. Kompas.Com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/03/02/11265921/breaking-news-jokowi-umumkan-dua-orang-di-indonesia-positif-corona?page=all [diakses pada 01 Mei 2021].
Nur azizah F, Fadilah Ilham I, Putri Aqidah L, Aliyani Firdaus S, Agung Dwi Astuti S, Buchori I. 2020. Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.15642/oje.2020. 5(1):46-62 DOI: https://doi.org/10.15642/oje.2020.5.1.46-62
Sopian A, Dharmalau A, Lindawati. 2020. Perancangan sistem informasi pemesanan berbasis web studi kasus pada restoran Biliechik. Journal Sintax Idea. 2(5):1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i5.388 DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i5.388
Thaha AF. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand. 2(1): 147–153. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand
Yuwana SIP. 2020. Coronanomics : Strategi Revitalisasi UMKM Menggunakan Teknologi Digital di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review. 1(1): 58–68. DOI: https://doi.org/10.37195/jtebr.v2i1.58