Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Upaya Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM
DOI:
https://doi.org/10.36590/jagri.v5i1.847Keywords:
jual beli, teknologi digital, UMKMAbstract
Pengembangan UMKM di suatu daerah memiliki potensi besar untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi lokal, tantangan dalam hal pemasaran dan akses terhadap teknologi digital sering kali menghambat UMKM pesisir untuk bersaing secara efektif di pasar yang semakin kompetitif. Mengidentifikasi dan memahami kebutuhan khusus UMKM di daerah pesisir adalah langkah penting dalam merancang strategi pemasaran yang efektif. Setiap UMKM mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda tergantung pada jenis produk, pasar target, dan karakteristik lokal. Hal tersebut juga dialami oleh kelompok UMKM Desa Pabean Udik Indramayu, kesulitan dalam pemasaran menjadi permasalahan kurangnya pemahaman manfaat digital menjadi suatu permasalahan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk sosialisasi penggunaan media sosial untuk memasarkan produk UMKM, dengan meningkatkan pengenalan teknologi bagi masyarakat pelaku UMKM di desa tersebut. Metode yang digunakan adalah pelatihan pembuatan fanpage dan pembuatan konten media sosial serta penyuluhan konsep digital marketing kepada 7 kelompok UMKM yang hadir. Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta berhasil memahami cara membuat fanpage bisnis di Facebook, merancang strategi pemasaran digital yang lebih efektif di berbagai platform media sosial, serta menciptakan konten pemasaran yang menarik dengan meningkatkan literasi digital. Kesimpulan dari kergiatan ini adalah Pengabdian masyarakat melalui pembuatan platform digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah contoh konkret bagaimana teknologi digital dapat memberdayakan UMKM, memberi mereka alat yang diperlukan untuk bersaing di era ekonomi digital yang semakin penting.
References
Abdi, R., Suharti, L., Usmanij, P., Ratten, V. 2022. The MSMEs Digital Readiness in Indonesia: A Test of Moderating Effect of Intrinsic Motivation and ICT Knowledge. Emerald Insight. 155-180. https://doi.org/10.1108/978-1-80382-137-520221010
Adinda, O.T.E., Primandhana, W.P., Sishadiyati, S. 2023. Pemanfaatan Media Digital dalam Meningkatkan Pemasaran dan Pertumbuhan UMKM Desa Karangan Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 9(21), 304-313. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5442
Alford, P., Page, S.J. 2015. Marketing Technology for Adoption by Small Business. The Service Industries Journal. 35, 655-669. https://doi.org/10.1080/02642069.2015.1062884
Arianto, B. 2021. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis. 6(2), 233-247. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512
Bruce, E., Shurong, Z., Ying, D., Yaqi, M., Amoah, J., Egala, S.B. 2023. The Effect of Digital Marketing Adoption on SMEs Sustainable Growth: Empirical Evidence from Ghana. Sustainability. 15(6), 1-24. https://doi.org/10.3390/su15064760
Cueto, L.J., Frisnedi, A.F.D., Collera, R.B., Batac, K.I.T., Agaton, C.B. 2022. Digital Innovations in MSMEs during Economic Disruptions: Experiences and Challenges of Young Entrepreneurs. Administrative Sciences. 12(1), 1-25. https://doi.org/10.3390/admsci12010008
Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G.P.E., Pramesti, D.T., Madiistriyatno, H. 2023. Strategi UMKM dalam Menghadapi Digitalisasi. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis. 16(1), 33-42. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/view/20799
Febriyantoro, M.T., Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara. 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Firdausya, L.Z., Ompusunggu, D.P. 2023. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Digital Abad 21. Tali Jagad Journal. 1(1), 16-20. https://journal.unusida.ac.id/index.php/tali-jagad/article/view/848
Kurniawan, A., Asharudin, M. 2018. Small and Medium Enterprises (SMES) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business. 1(2), 115-120. https://doi.org/10.23917/mijeb.v1i2.9367
Maulana, Y. 2017. Yuswohady: UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital. SWA.co.id. https://swa.co.id/read/160717/yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital
Murdiani, T., Asnusa, S., Ramaputra, M.G. 2022. Pemanfataan Media Sosial Pilihan UMKM untuk Mendukung Upaya Digital Marketing. [Prosiding]. Seminar Nasional Darmajaya. 1(2022), 117-125. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/3256
Naimah, R.J., Wardhana, M.W., Haryanto, R., Pebrianto, A. 2020. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Implementation and Action. 2(2), 1-12. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Purwana, D., Rahmi, R., Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 1(1), 1-17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Shetty, S.K., Cristi, S., Ramona, B., Petre Valeriu, N. 2022. Assessing Impact of Digitalization on Small and Medium Enterprizes in India. RSP. 75, 101-115. https://cis01.central.ucv.ro/revistadestiintepolitice/files/numarul75_2022/10.pdf
Susanto, D.W., Faridah, F., Amirul, A. 2023. Pengaruh Media Sosial dalam Meningkatkan Omzet Penjualan pada UKM Dapur Julie Depok. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa. 17(1), 182-197. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i1.2932
Suwarni, E., Sedyastuti, K., Mirza, A.H. 2019. Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital. Jurnal Ikraith-Ekonomika. 2(2), 29-34. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/401
Syukri, A.U., Sunrawali, A.N., 2022. Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 19(1), 170-182. https://typeset.io/pdf/digital-marketing-dalam-pengembangan-usaha-mikro-kecil-dan-vjb1dx8g.pdf
Wardhana, A., 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. [Prosiding]. Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis. IV, 327-337.