Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Upaya Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM

Authors

  • Bambang Saras Yulistiawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Bayu Hananto Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Catur Nugrahaeni PD Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Lusia Handayani Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v5i1.847

Keywords:

jual beli, teknologi digital, UMKM

Abstract

Pengembangan UMKM di suatu daerah memiliki potensi besar untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi lokal, tantangan dalam hal pemasaran dan akses terhadap teknologi digital sering kali menghambat UMKM pesisir untuk bersaing secara efektif di pasar yang semakin kompetitif. Mengidentifikasi dan memahami kebutuhan khusus UMKM di daerah pesisir adalah langkah penting dalam merancang strategi pemasaran yang efektif. Setiap UMKM mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda tergantung pada jenis produk, pasar target, dan karakteristik lokal. Hal tersebut juga dialami oleh kelompok UMKM Desa Pabean Udik Indramayu, kesulitan dalam pemasaran menjadi permasalahan kurangnya pemahaman manfaat digital menjadi suatu permasalahan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk sosialisasi penggunaan media sosial untuk memasarkan produk UMKM, dengan meningkatkan pengenalan teknologi bagi masyarakat pelaku UMKM di desa tersebut. Metode yang digunakan adalah pelatihan pembuatan fanpage dan pembuatan konten media sosial serta penyuluhan konsep digital marketing kepada 7 kelompok UMKM yang hadir. Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta berhasil memahami cara membuat fanpage bisnis di Facebook, merancang strategi pemasaran digital yang lebih efektif di berbagai platform media sosial, serta menciptakan konten pemasaran yang menarik dengan meningkatkan literasi digital. Kesimpulan dari kergiatan ini adalah Pengabdian masyarakat melalui pembuatan platform digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah contoh konkret bagaimana teknologi digital dapat memberdayakan UMKM, memberi mereka alat yang diperlukan untuk bersaing di era ekonomi digital yang semakin penting.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bambang Saras Yulistiawan, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia

https://scholar.google.com

Bayu Hananto, Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia

Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia

https://scholar.google.com

Catur Nugrahaeni PD, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia

https://scholar.google.co.id

Lusia Handayani, Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta, Jakarta, Indonesia

https://scholar.google.co.id

References

Abdi, R., Suharti, L., Usmanij, P., Ratten, V. 2022. The MSMEs Digital Readiness in Indonesia: A Test of Moderating Effect of Intrinsic Motivation and ICT Knowledge. Emerald Insight. 155-180. https://doi.org/10.1108/978-1-80382-137-520221010

Adinda, O.T.E., Primandhana, W.P., Sishadiyati, S. 2023. Pemanfaatan Media Digital dalam Meningkatkan Pemasaran dan Pertumbuhan UMKM Desa Karangan Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 9(21), 304-313. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5442

Alford, P., Page, S.J. 2015. Marketing Technology for Adoption by Small Business. The Service Industries Journal. 35, 655-669. https://doi.org/10.1080/02642069.2015.1062884

Arianto, B. 2021. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis. 6(2), 233-247. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Bruce, E., Shurong, Z., Ying, D., Yaqi, M., Amoah, J., Egala, S.B. 2023. The Effect of Digital Marketing Adoption on SMEs Sustainable Growth: Empirical Evidence from Ghana. Sustainability. 15(6), 1-24. https://doi.org/10.3390/su15064760

Cueto, L.J., Frisnedi, A.F.D., Collera, R.B., Batac, K.I.T., Agaton, C.B. 2022. Digital Innovations in MSMEs during Economic Disruptions: Experiences and Challenges of Young Entrepreneurs. Administrative Sciences. 12(1), 1-25. https://doi.org/10.3390/admsci12010008

Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G.P.E., Pramesti, D.T., Madiistriyatno, H. 2023. Strategi UMKM dalam Menghadapi Digitalisasi. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis. 16(1), 33-42. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/view/20799

Febriyantoro, M.T., Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara. 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Firdausya, L.Z., Ompusunggu, D.P. 2023. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Digital Abad 21. Tali Jagad Journal. 1(1), 16-20. https://journal.unusida.ac.id/index.php/tali-jagad/article/view/848

Kurniawan, A., Asharudin, M. 2018. Small and Medium Enterprises (SMES) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business. 1(2), 115-120. https://doi.org/10.23917/mijeb.v1i2.9367

Maulana, Y. 2017. Yuswohady: UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital. SWA.co.id. https://swa.co.id/read/160717/yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital

Murdiani, T., Asnusa, S., Ramaputra, M.G. 2022. Pemanfataan Media Sosial Pilihan UMKM untuk Mendukung Upaya Digital Marketing. [Prosiding]. Seminar Nasional Darmajaya. 1(2022), 117-125. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/3256

Naimah, R.J., Wardhana, M.W., Haryanto, R., Pebrianto, A. 2020. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Implementation and Action. 2(2), 1-12. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Purwana, D., Rahmi, R., Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 1(1), 1-17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Shetty, S.K., Cristi, S., Ramona, B., Petre Valeriu, N. 2022. Assessing Impact of Digitalization on Small and Medium Enterprizes in India. RSP. 75, 101-115. https://cis01.central.ucv.ro/revistadestiintepolitice/files/numarul75_2022/10.pdf

Susanto, D.W., Faridah, F., Amirul, A. 2023. Pengaruh Media Sosial dalam Meningkatkan Omzet Penjualan pada UKM Dapur Julie Depok. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa. 17(1), 182-197. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i1.2932

Suwarni, E., Sedyastuti, K., Mirza, A.H. 2019. Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital. Jurnal Ikraith-Ekonomika. 2(2), 29-34. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/401

Syukri, A.U., Sunrawali, A.N., 2022. Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 19(1), 170-182. https://typeset.io/pdf/digital-marketing-dalam-pengembangan-usaha-mikro-kecil-dan-vjb1dx8g.pdf

Wardhana, A., 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. [Prosiding]. Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis. IV, 327-337.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Yulistiawan, B. S., Hananto, B., PD, C. N., & Handayani, L. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Upaya Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 5(1), 141–149. https://doi.org/10.36590/jagri.v5i1.847

Most read articles by the same author(s)