e-Marketing sebagai Strategi Pemasaran Produk Usaha UMKM Bertransformasi Digital

Authors

  • Mohammad Yazdi Pusadan Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia
  • Sahrullah Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia
  • I Kadek Agus Dwiwijaya Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.683

Keywords:

e-marketing, video multimedia, promosi, produk unggulan, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah telah mampu membuktikan eksistensinya dalam perekonomian di Indonesia. Usaha kecil dan sektor riil mampu bertahan dan menopang roda perekonomian bangsa Indonesia. Undang-undang yang mengatur tentang seluk-beluk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Hasil Survei Aktivitas Bisnis UMKM menunjukan kenaikan indeks bisnis UMKM dari 104,6 pada kuartal I-2022 menjadi 109,4 pada kuartal II-2022. Sebagai informasi, indeks bisnis di atas 100 menunjukan kondisi ekspansi UMKM berada di level optimistis. Solusi atas permasalah UMKM saat ini adalah Implementasi IT pada pemberdayaan UMKM yang bertujuan mengoptimalkan pemasaran atau promosi produk-produk unggulan UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode: 1) komunikasi/audiens dengan UMKM mitra terkait beberapa permasalahan yang dihadapi, 2) pembuatan materi dan persiapan alat dan bahan termasuk perangkat digital yang dibutuhkan, 3) pelatihan operasional dan maintenance/updating system dan data, dan 4) evaluasi dan rencana tindak lanjut.  Produk yang dihasilkan di kegiatan ini adalah video promosi produk unggulan UMKM Sal-Han dan website pemasaran (e-marketing). Kegiatan ini dapat meningkatkan penjualan produk unggulan UMKM Sal-Han secara efektif.

Author Biographies

Mohammad Yazdi Pusadan, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

https://scholar.google.co.id

Sahrullah, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

https://scholar.google.co.id

 

I Kadek Agus Dwiwijaya, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

https://scholar.google.com

 

References

Aminudin, I., Muttaqien, I., Ruminta, D., 2022. Pengaruh Faktor Penggunaan e-Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hartanimart.Com. Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika. 20(2), 164–174. https://doi.org/10.31294/jp.v20i2.13467

Awali, H., 2020. Urgensi Pemanfaatan e-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Candra Irawan, I., 2020. Analisis e-Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online. Journal Business and Banking. 9(2), 247-260. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1907

Darnilawati, 2018. Kesiapan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam Menghadapi Pasar Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Ekonomi. 26(1), 107–123.

Dharmalau, A., Putra, D.F.D., 2021. Pelatihan UMKM Online Untuk Ketahanan Ekonomi di Masa Pandemi Covid 19. JAGRI: Jurnal Ambas Negeri. 2(2), 77–85. https://doi.org/10.36590/jagri.v2i2.171

Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D.D., Arumsari, C., 2021. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525

Kurniati, K., 2021. Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Pengarsipan Dokumen Kantor Kecamatan Lais. Journal of Software Engineering Ampera. 2(1), 16–27. https://doi.org/10.51519/journalsea.v2i1.89

Maesaroh, S.S., Nuryadin, A., Prasetyo, Y., Swardana, A., 2021. Pelatihan Manajemen Keuangan Berbasis Digital pada UMKM Kota Tasikmalaya. JAGRI: Jurnal Abmas Negeri. 2(2), 86–93. https://doi.org/10.36590/jagri.v2i2.179

Mardiani, I. E., Immanuel, O.J., 2013. Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (e-Marketing). Jurnal Ekonomi. 4(2), 151-161.

Pramadika, N.R., Tahir, R., Nugraha, A., Rachmat, H., Khadijah, U.L.S., 2020. Pengaruh E-Marketing Sebagai Media Promosi Potensi Pariwisata Era Revolusi Industri 4.0 di Saung Angklung Udjo. Tornare: Journal of Sustainable Tourism Research. 2(1), 26–29. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i1.25830

Pratiwi, F.D., Wulandari, A., Astuti, R.P., 2021. Scale-Up Produk Ikan Asin “Yulia Bahari” Berbasis E-Commerce. JAGRI: Jurnal Abmas Negeri. 2(2), 52–60. https://doi.org/10.36590/jagri.v2i2.160

Prijanto, W., Prasetyanto, P., 2020. Potensi Usaha Kecil Mikro (UKM) dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan. 5(1), 97–117. https://doi.org/10.31002/rep.v5i1.3177

Purnomo, D., 2017. Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. 2(2), 54–61. https://doi.org/10.37438/jimp.v2i2.67

Rafiq, M., 2019. Upaya Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja (KUT) Kota Palu dalam Memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Palu. [skripsi]. IAIN Palu.

Rahayu, P., 2022. Pengaruh E-Marketing Terhadap Volume Penjualan UMKM Kerupuk Usek di Kelurahan Kasepuhan Kabupaten Batang. Jurnal STIE Semarang. 14(2), 34–50.

Syukri, A.U., Sunrawali, A.N., 2022. Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207

Wahyuningrum, R., 2018. Analisis Strategi E-Marketing untuk Meningkatkan Minat Beli Online. Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis. 21(3), 275–290.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Pusadan, M. Y., Sahrullah, S., & Dwiwijaya, I. K. A. (2023). e-Marketing sebagai Strategi Pemasaran Produk Usaha UMKM Bertransformasi Digital . Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(2), 67–75. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.683