Aplikasi UMKM Sebagai Strategi Pemasaran Media Promosi Produk Lokal di Kota Dumai

Authors

  • Fitri Pratiwi Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau
  • Sukri Adriano Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau
  • Lis Hafrida Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau
  • Pulla Pandika Widodo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v5i2.1299

Keywords:

umkm, website, produk, promosi

Abstract

Pada era digitalisai saat ini sudah canggih dan memiliki kemajuan pada sisi teknologi dan pola pikir manusia yang juga berkembang maju. Hal ini juga merambat pada bidang usaha yang menciptakan persaingan yang sangat ketat, para kompetitor berlomba memberikan produk terbaik untuk bisa berhasil dalam bidang usaha. Kamar dagang industri atau biasa kita kenal dengan nama KADIN merupakan sebuah organisasi bidang usaha yang di dalamnya terdapat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM masih menjadi alternatif penggerak perekonomian yang cukup efektif menghasilkan produk atau jasa yang menjadi kebutuhan masayarakat. Promosi dan pemasaran merupakan masalah yang masih menjadi perkerjaan rumah oleh UMKM, upaya pemasaran produk kepada konsumen, akan menjadi suatu hal yang sia-sia jika produk yang dihasilkan bagus namun tidak ada konsumen yang membeli dikarekan kurangnya pengetahuan dan informasi prodak yang dipasarkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mempermudah para penggiat UMKM untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk yang mereka produksi pada suatu media online. Sistem ini sepenuhnya akan dibuat dengan menggunakan framework codeigniter dengan konsep model, view,controler (mvc), framework ini dikombisnasikan dengan bootsrap untuk tampilan dari web dinamis. Hasilnya akan berupa aplikasi berbasis web untuk media promosi dan pemasaran produk yang akan disosialisasikan kepada UMKM cara penggunaannya untuk membantu UMKM tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitri Pratiwi, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau

Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau

https://scholar.google.co.id

Sukri Adriano, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau

Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau

Lis Hafrida, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau

Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau

Pulla Pandika Widodo, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau

Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dumai, Dumai, Riau

https://scholar.google.co.id

References

Adila, W., Subari. 2024. Peranan Strategi Promosi Pemasaran terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Pengabdian Masyarakat STIA Lancang Kuning Dumai. 3(1), 162-166.

Aliyah, A.H. 2022. Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Ekonomi. 3(1), 64-72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719

Dzaki, N., Ikhbal Salam, R., Eka Putra, D., Pratama, R. 2023. Penerapan Teknologi WEB dalam Pengelolaan Antrian Layanan Kependudukan di DISDUKCAPIL Solok Selatan. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence). 3(3), 90-94. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v3i3.780

Farisi, S.A., Iqbal Fasa, M., Suharto. 2022. Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah. 9(1), 73-84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9ino.1.307

Hidayat, T. 2020. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemem. 17(2), 95-105. http://dx.doi.org/10.21831/jim.v17i2.34783

Juan, B.A., Nurhasanah. 2023. Penerapan Model View Controller dengan Framework CodeIgniter pada E-Commerce Penjualan F&B (Studi Kasus: Wardel). Ilmu Komputer dan Pendidikan. 1(3), 617-629. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic

Kalis, M.C.I., Hendri, M.I., Safitri, H. 2023. Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Kearifan Lokal dalam Mendukung Perekonomian Daerah Pasca Pandemi Covid-19. Managemen, Bussines and Accounting. 22(2), 230-244. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i2.2384

Kiswandi, F.R.P., Setiawan, C., Ghifari, A. 2023. Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) terhadap Pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen. 1(4), 154-162. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/view/328

Moonik, N., Pomantow, W.G. 2023. Pentingnya Promosi dalam Meningkatkan Penjualan pada Usaha Acha Olshop. Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis dan Pemasaran. 5(2), 77-91. https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/737

Seran, R.B., Sundari, E., Fadhila, M. 2023. Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management. 8(1), 206-211. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/4054

Susilawati, T., Yuliansyah, F., Romzi, M., Aryani, R. 2020. Membangun Website Toko Online Pempek Nthree Menggunakan PHP aan Mysql. Jurnal Teknik Informatika Mahakarya. 3(1), 35-44. https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/view/19

Suyatno, S., Suryani, D.A. 2022. Pengembangan Potensi UMKM Berbasis lokal dalam Mendorong Perekonomian di Desa Girikerto. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis. 9(2), 108-118. https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i2.16821

Widodo, P.P. 2019. Aplikasi Tata Tertib Berdasarkan Poin untuk Pelanggaran Siswa pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Informatika Sunan Kalijaga. 4(2), 101-108. https://doi.org/10.14421/jiska.2019.42-04

Widodo, P.P., Khumaini, H. 2024. Implementation of Test Item Analysis for Learning Evaluation at SMAS YKPP Dumai. Jurnal Inovtek Polbeng. 9(2), 864-877. https://jurnal.polbeng.ac.id/index.php/ISI/article/view/197/62

Yulistiawan, B.S., Hananto, B., Nurgarhaeni, C., Handayani, L. 2024. Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Upaya Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM. Jurnal Abmas Negeri. 5(1), 141-149. https://doi.org/10.36590/jagri.v5i1.847

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

pratiwi, fitri, Adriano, S., Hafrida, L., & Widodo, P. P. (2024). Aplikasi UMKM Sebagai Strategi Pemasaran Media Promosi Produk Lokal di Kota Dumai. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 5(2), 445–452. https://doi.org/10.36590/jagri.v5i2.1299