Pembinaan Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Interaktif di Sekolah Dasar Islam Terpadu Tahfidzul Qur’an Majene
DOI:
https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.702Keywords:
pembelajaran interaktif, teknologi, kreatif, inovatifAbstract
Penerapan teknologi dalam pembelajaran di tingkat sekolah dasar memiliki signifikansi penting. Di era digital ini, penggunaan teknologi bukan hanya kebutuhan, melainkan suatu keharusan. Namun, masih ada sekolah dasar yang belum mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Beberapa faktor penyebabnya adalah pola pikir konservatif guru dan siswa serta minimnya pemahaman tentang peran teknologi dalam pembelajaran. Program pembinaan kreativitas dan inovasi pembelajaran berbasis teknologi interaktif di SDIT Tahfidzul Qur'an Majene dilaksanakan untuk mendukung sekolah dalam memperkenalkan dan mengimplementasikan pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Program ini terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah persiapan, melalui sosialisasi tentang manfaat dan tujuan pembelajaran berbasis teknologi interaktif bagi guru dan siswa. Tahap kedua, pelaksanaan, melibatkan pelatihan intensif tentang cara melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi interaktif secara efektif. Materi pembelajaran, penggunaan alat-alat digital, serta evaluasi hasil belajar. Tim pengabdian memberikan panduan dalam setiap pertemuan, dengan melakukan pendampingan berkelanjutan bagi guru. Tahap terakhir adalah penyusunan laporan akhir program pembinaan. Kegiatan ini memberikan solusi dalam mengatasi kendala penerapan teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dengan mengurangi hambatan pola pikir konservatif dan meningkatkan pemahaman, program ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di SDIT Tahfidzul Qur'an Majene melalui pendekatan kreatif dan inovatif.
References
Amilia, W., Maiziani, F., 2020. Kompetensi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru di SMA. e-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. 8(2), 1-4. https://doi.org/10.24036/et.v8i2.110984.
Dedyerianto. 2019. Pengaruh Internet dan Media Sosial Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan. 12(2), 708-225.
Gufron, A., Darwan, & Winarso, W. 2018. Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. INSPIRAMATIKA: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 4(2), 77-88.
Husna, L., Zunaidah, F.N., Primasatya, N., 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Ekosistem pada Muatan IPA di kelas VI Sekolah Dasar Muhammadiyah 06 Tebet Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(1), 388–396.
Ikasari, Y.P., Satriyani, F.Y., 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Tata Surya di Kelas 5 di SDN Cikoko 01 Pagi Jakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD). 5(2), 195-205. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.114878.
Khairunisa, Y. 2021. Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze chase–Wordwall sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. MEDIASI: Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi. 2(1), 41–47.10.46961/mediasi.v2i1.254.
Khosiyono, Banun Havifah Cahyo. 2022. Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Myori, D. E., Krismadinata, Hidayat R., Eliza1 F., Fadli R.M., 2019. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Andorid. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional (JTEV). 5(2), 104-109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832.
Nissa, S.F., Renoningtyas, N., 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880.
Rahma, Nurhayati., 2021. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains (JEMAS). 2(1), 38–41. http://orcid.org/0000-0002-3353-2842 .
Rafmana, H., 2018. Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKN kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal IKA. 5 (1), 52-66.
Sari, L., 2020. Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu. 4(1), 1074-1084.
Suka Maryana, I.M., Candiasa, I.M., Waluyo, D., 2019. Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Deret Bilangan di Sekolah Menengah Atas.Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. 9(2), 19-30. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19890
Tafonao, T., 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Wardinur, W., Mutawally, F., 2019. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan
Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pendukung Pembelajaran di MAN 1 Pidie. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran dan Aplikasi). 13(2), 167–182. https://doi.org/10.24815/jsu.v13i2.16422.
Wiryanto. 2020. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132.