Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan CapCut di SD Inpres Koya Tengah, Papua
DOI:
https://doi.org/10.36590/jagri.v5i2.1275Keywords:
capcut, pelatihan, interaktifAbstract
Dalam era digital, penggunaan media pembelajaran yang interaktif menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Namun, guru-guru di SD Inpres Koya Tengah masih terbatas dalam pemanfaatan teknologi ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menciptakan media pembelajaran berbasis video menggunakan aplikasi CapCut yang dikenal mudah dioperasikan dan memiliki fitur-fitur kreatif. Melalui pelatihan ini, guru-guru diharapkan dapat membuat video pembelajaran yang lebih menarik dan dinamis, sehingga meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi demonstrasi penggunaan aplikasi, praktik langsung, dan pendampingan intensif. Guru-guru dilatih untuk memahami fitur-fitur dasar CapCut seperti pemotongan video, penambahan teks, efek suara, dan transisi, serta penerapan kreativitas dalam penyusunan materi ajar berbasis video. Setiap peserta kemudian membuat video pembelajaran sederhana sebagai bagian dari evaluasi hasil pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru-guru mampu menguasai teknik-teknik dasar pengeditan video dan menghasilkan materi pembelajaran yang lebih interaktif. Selain itu, pelatihan ini juga berhasil meningkatkan rasa percaya diri guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pengajaran. Simpulannya, pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan CapCut di SD Inpres Koya Tengah telah memberikan dampak terhadap peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi. Diharapkan kemampuan ini dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan motivasi belajar siswa secara signifikan.
Downloads
References
Agustini, K., Ngarti, J.G. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1), 62-78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/18403
Apriliani, I., Ermawati, I. R., Hidayat, M.N. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Teknologi Augmented Reality Menggunakan Metode Jan Van Den Akker pada Materi Alat Optik. Wahana Pendidikan Fisika. 5(1), 61-65. https://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/view/23451
Bagaskara, R.T., Istianah, F. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pelajaran IPA dalam Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9(8), 3022-3031. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/42055
Batubara, H.H. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 3(1), 13-27. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/952
Effendy, V., Alibasa, M.J., Herdiani, A. 2023. Peningkatan Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Video Ajar dengan CapCut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(3), 23209-2317. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/5981
Deriyan, L.F., Nurmairina. 2022. Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi Capcut di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 7(1), 1-10. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/1332
Kahar, M.I., Cikka, H., Afni, N., Wahyuningsih, N.E. 2021. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. 2(1), 58-78. https://moderasi.org/index.php/moderasi/article/view/40
Sabariah, K.M., Effendy, V., Junaedi, D., Rizki Alfian, M., Affiyan Zalwi, N., Diasavitri Chaerry, S., Mahendra Yazadi, P., Marbun, A., Mustofa, F. 2023. Pemanfaatan Tool Konten Media Pembelajaran Digital Menggunakan Capcut Bagi Guru SDN 012 Babakan Ciparay. [Prosiding]. Fakultas Informatika Telkom University.
Mesra, R., Monica, S.W., Anton, E.E., Sari, K.D. 2024. Pelatihan Capcut Video Editing untuk Meningkatkan Skill dan Daya Saing Mahasiswa Pendidikan di Dunia Kerja. Communnity Development Journal. 5(3), 5381-5391. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/30013
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mysikat. 3(1), 171-187. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf
Rahmatullah, Inanna, Ampa, A.T. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 12(2), 317-327. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/30179.
Rusli, T.S., Ali, A., Ristiani, R., Sukmawati, Yuliana, C. 2024. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SD Inpres Pir Ii. 7(1), 26-33. https://jurnal.lpmiunvic.ac.id/index.php/jpkm/article/view/165/122
Salahuddin, A., Aprimadedi, Nurizati. 2023. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut terhadap Keterampilan Membaca Teks Puisi Siswa Kelas VIII di SMPN 29 Kabupaten Tebo. Journal of Social Science Research. 3(2), 7694-7702. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2581
Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A., Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. 1, 263-278. https://core.ac.uk/download/pdf/297841821.pdf
Yulius, Y., Sartika, D. 2022. Pelatihan Membuat Video Ajar Malalui Aplikasi Capcut dan Az Screen sebagai Media Pembelajaran di SMP 30 Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 7(2), 97-105. Https://Doi.Org/10.36312/Linov.V7i2.649