Pelatihan E-Modul Menggunakan Flip Pdf untuk Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.36590/jagri.v2i1.135Keywords:
e-modul, Flip PDF, pembelajaran onlineAbstract
Pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 mengalami kendala terutama di daerah dengan infrastruktur komunikasi yang masih minim. Kesulitan akses sinyal internet menjadi halangan paling dominan. Oleh karena itu, teknologi berbasis modular luar jarring (luring) sangat diperlukan. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini betujuan untuk membantu guru menggunakan Flip PDF sebagai alternative modul digital yang lebih menarik dan dapat digunakan secara luring untuk pembelajaran pada masa pandemic. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di PKBM An Nur yang terletak di Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini dilakukan dalam waktu 4 bulan yang mencakup tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program. Metode yang digunakan dalam Pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode ceramah, demonstrasi, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini bermanfaat bagi guru PKBM yang masih kesulitan untuk membuat e-modul yang sesuai dengan aturan pemerintah, kearifan local, menarik dan interaktif. Dengan e-modul, pembelajaran mandiri menjadi lebih menarik, kaya akan sumber belajar dan tidak terhambat dengan ketiadaan sinyal internet.
References
Afriyanti, Ice, Wardono Wardono, and Kartono Kartono. 2018. Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1.
Diktara-Kemendikbud RI. 2017. Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket C. Jakarta: Kemdikbud RI.
Fitriyadi Herry. 2013. Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 21(3).
Muis Abdul. 2019. Konsep dan strategi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Laksana.
Raharjo, Tri Joko, Tri Suminar. 2019. Penerapan Pedagogi dan Andragogi pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, dan C di Kota Semarang. Edukasi. 3(1).
Rahmi, Ulfia. 2018. Desain Pembelajaran Blended Learning: Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Diakses dari http:/doi.org/10.31227/osf.io/j84c3 DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/j84c3
Rimbun, Rimbarizki & Susilo, Haryanto. Penerapan Pembelajran Daring kombinasi dalam Meningatkan Motivasi Belajara Peserta Didik Paket C vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Maysarkata (PKBM). J+Plus Unesa. 6(2):1-12.
Wardhana, Wisnu Surya. 2020. Strategi pengembangan kompetensi guru secara mandiri di era literasi digital. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA). 4(1).
Windhiyana, Ericha. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap kegiatan Pembelajaran Online di sebuah perguruan tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan. 34(1):1-8. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.341.1