Pemberdayaan Taman Pendidikan Quran (TPQ) Melalui Pembuatan Kurikulum Berdasarkan Metode Multi-Sensori

Authors

  • Sovi Septania Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Khairani Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Mashdaria Huwaina Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v2i2.161

Keywords:

metode multi-sensori, TPQ, kurikulum

Abstract

TPQ sebagai lembaga pembelajaran Al-Quran harus memiliki metode pembelajaran yang terstandar melalui kurikulum sehingga evaluasi pembelajaran dapat dilakukan secara optimal. Masalah saat ini yang dihadapi TPQ Safaril ‘Ulum yaitu belum memiliki kurikulum yang terstandar sehingga proses belajar hanya difokuskan pada aktivitas rutin tanpa metode pembelajaran yang dapat dinilai efektivitasnya. Tujuan kegiatan untuk memberikan pendampingan dalam pembuatan kurikulum berdasarkan metode multi-sensori yang telah terbukti mampu berpengaruh terhadap kemampuan menghafal siswa. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari  focus group discussion, observasi dan demostrasi hasil atau sosialisasi. Proses kegiatan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap persiapan untuk memetaan kondisi awal TPQ, tahap kedua sebagai proses FGD dalam pembuatan kurikulum dan tahap ketiga yaitu sosialisasi kurikulum. Dengan kurikulum berlandaskan metode multi-sensori, tenaga pendidik memiliki panduan sekaligus mampu menerapkan metode pembelajaran yang baru bagi peserta didik. Selain itu, kegiatan ini dapat menghasilkan siswa didik yang tidak hanya cepat dalam proses menghafal Al-Quran, namun menempatkan standar yang sama bagi seluruh siswa didik dengan kurikulum yang terstandar.

Author Biographies

Sovi Septania, Universitas Muhammadiyah Lampung

Psikologi, Universitas Muhammadiyah Lampung

https://scholar.google.co.id

 

Khairani, Universitas Muhammadiyah Lampung

Psikologi, Universitas Muhammadiyah Lampung

Mashdaria Huwaina, Universitas Muhammadiyah Lampung

Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Lampung

 

References

Agustin S, Septania S, Syah TA. 2021. Efektivitas metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan menghafal al- qur’an pada anak usia 8 – 10 tahun [skripsi].

Aprilia ID, Lestari PR. 2013. Penerapan pendekatan multisensori dalam meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat pada anak tunarungu. Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9):1689–1699.

Bahri S. 2017. Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura. 11(1):5. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61 DOI: https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Basam F, Sulfasyah S. 2018. Metode Pembelajaran Multisensori Vakt Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa Kelas Ii. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar). 1(1):18–24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1235 DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1235

Gunawan I, Paluti AR. 2017. Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif. E-Journal.Unipma. 7(1): 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE

Kementerian Agama. 2016. Pedoman Penyelenggaraan Taman Pendidikan Al-Qur’an. Kementerian Agama.

Kusmayanti S. 2019. Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut. 13(01): 225–226. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/832

Praptiningrum N, Purwandari. 2009. Metode Multisensori Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia di Sd Inklusi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY. 2(2): 122902. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v0i0.4617

Setyawati FF. 2017. Efektivitas Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas II SLB Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/29967/

SR MA, Supriyanto D. 2017. Penerapan Pendekatan Multisensori Untuk Meningkatkan Pemahaman Makna Kata Pada Anak Autistik. Jurnal Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Pendidikan Indonesia. 1(1).

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Septania, S., Khairani, K., & Huwaina, M. (2021). Pemberdayaan Taman Pendidikan Quran (TPQ) Melalui Pembuatan Kurikulum Berdasarkan Metode Multi-Sensori . Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 2(2), 61–68. https://doi.org/10.36590/jagri.v2i2.161