Intervensi Edukasi Gizi terhadap Kader Posyandu Dalam Rangka Mengatasi Malnutrisi

Authors

  • Iseu Siti Aisyah Program Studi Gizi, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Indonesia
  • Neni Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Indonesia
  • Yuldan Faturahman Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v4i1.599

Keywords:

balita, edukasi gizi, kader posyandu, malnutrisi, status gizi

Abstract

Pandemi Covid-19 mempunyai dampak yang sangat besar bagi sektor kesehatan masyarakat di Indonesia khususnya mengenai tingkat kecukupan gizi. Asupan gizi di masa pandemi penting diperhatikan untuk meningkatkan imunitas agar tidak mudah terpapar virus Covid-19. Sayangnya kalangan banyak balita yang mengalami malnutrisi. Angka stunting yang meningkat di Kota Tasikmalaya, termasuk wasting dan underweight. Pelatihan pemberian edukasi gizi kepada kader posyandu mengenai malnutrisi dan tanda serta gejalanya diharapkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu meningkat sehingga mereka dapat mengidentifikasi kejadian malnutrisi pada balita di posyandunya. Hasil yang didapatkan yaitu rata-rata skor pretest peserta adalah 5,44 dan hasil rata-rata post test peserta adalah 6,58. Berdasarkan hasil uji perbedaan di atas, didapatkan hasil nilai sig 2-tailed yaitu 0,0001 (p-value< 0,05) yang artinya ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest atau ada pengaruh pemberian materi terhadap peningkatan pengetahuan kader tentang malnutrisi. Kegiatan Pelatihan ini diberikan kepada kader posyandu di dua Puskesmas yaitu Mangkubumi dan Sukalaksana.

Author Biographies

Iseu Siti Aisyah, Program Studi Gizi, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Indonesia

Program Studi Gizi, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Indonesia

https://scholar.google.co.id

Neni, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Indonesia

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Indonesia

Yuldan Faturahman, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Indonesia

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Indonesia

References

Anas, Nirwana, Khairi Syafitri. 2019. Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visual Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah 9(1): 37–47.

Banowo AS, Hidayat Y. 2021. Edukasi Gizi Dalam Praktik Pemberian Makan Keluarga pada Baduta Stunting di Kabupaten Bengkulu Utara. Journal of Nursing and Public Health, 9(1), 107-113. https://doi.org/10.37676/jnph.v9i1.1449 DOI: https://doi.org/10.37676/jnph.v9i1.1449

Cahyaningrum HD. 2013. Hubungan Antara Body Image dengan Status Gizi pada Remaja Putri Kelas XI IPS di SMA Batik 1 Surakarta. [KTI]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fatimah NA. 2020. Gambaran Kejadian Kurang Energi Kronis Siswa Kelas X SMK N 1 Tepus. [KTI]. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. DOI: https://doi.org/10.25157/jmph.v1i2.3029

Kemenkes [Kementrian Kesehatan]. 2018. Cegah Stunting dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh dan Sanitasi. Jakarta: Kemenkes RI.

Mahendra, Dony, I Made MJ, Adventus Marsanti RL. 2019. Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Vokasi UKI. Buku Ajar Promosi Kesehatan.

WHO [World Health Organization]. 2020. Levels and trends in child malnutrition: UNICEF/WHO/The World Bank Group joint child malnutrition estimates: key findings of the 2020 edition. Geneva: WHO.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Aisyah, I. S., Neni, N., & Faturahman, Y. (2023). Intervensi Edukasi Gizi terhadap Kader Posyandu Dalam Rangka Mengatasi Malnutrisi . Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(1), 27–32. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i1.599