Pelatihan Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA PPM Al-Ikhlas
DOI:
https://doi.org/10.36590/jagri.v1i1.153Keywords:
pengembangan, keterampilan, sainsAbstract
Fisika sebagai ilmu yang mengkaji fenomena alam melalui proses penyelidikan sangat sesuai untuk menggali keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil observasi pada sekolah mitra ditemukan bahwa pembelajaran fisika belum menyentuh ranah keterampilan proses sains. Orientasi pembelajaran difokuskan pada ranah pengetahuan semata. Sementara jika ditinjau dari fasilitas Laboratorium, SMA PPM AL-ikhlas termasuk salah satu sekolah di kabupaten Polewali Mandar yang memiliki perangka KIT IPA yang lengkap. Solusi yang ditawarkan tim pelaksana adalah memberikan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa SMA PPM AL-Ikhlas. Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan proses sains siswa SMA PPM AL-Ikhlas berada pada kategori rendah dengan persentase 52,3%. Alasan mendasar dari guru adalah persiapan dan pelaksanaan praktikum membutuhkan waktu yang lama sehingga lebih memilih metode pembelajaran lainnya. Olehnya itu, melalui kegiatan pengabdian diharapkan guru fisika di SMA PPM AL-Ikhlas dapat terinspirasi untuk melatih ranah keterampilan proses sains.
References
Amiwati LP, Sudibyo E. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains. 7(2).
Arikunto S. 2019. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi) 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Pratama AA, Andriani N. 2014. Studi Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VII SMP Negeri 18 Palembang.
Sani RA, Hayati YS. 2018. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarkadi. 2019. Tahapan Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakad Media Publishing.
Siswono H. 2017. Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Momentum: Physics Education Journal: p.83–90.
Zubaidah S, Mahanal S, Yuliati L. 2017. Jakarta: Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam.