Pelatihan Secara Online tentang Scientific Skill Training (SST) Bagi Mahasiswa Gizi

Authors

  • Bohari Program Studi Gizi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v4i1.681

Keywords:

kecerdasan buatan, powerpoint, pelatihan keterampilan ilmiah, pelajar, zotero

Abstract

Tujuan pelatihan adalah upaya untuk meningkatkan keterampilan ilmiah mahasiswa gizi angkatan 2022. Melalui materi pengenalan aplikasi kecerdasan buatan (AI), cara mencari artikel ilmiah nasional dan internasional bidang gizi, teknik pembuatan presentasi dengan PPT, serta pemanfaatan aplikasi manajemen referensi Zotero untuk sitasi dan parafrase, peserta dibekali dengan pengetahuan praktis yang relevan dengan bidang studi mereka. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui platform Zoom pada tanggal 27 Mei 2023, dengan partisipasi 80 mahasiswa gizi. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam aspek-aspek ilmiah yang diajarkan. Dalam diskusi dan interaksi dengan narasumber, peserta memiliki kesempatan untuk menjawab tantangan keterbatasan jaringan dengan beradaptasi dalam pembelajaran daring. Tujuan dari pelatihan ini adalah mempersiapkan mahasiswa gizi menjadi lebih siap dalam menghadapi perubahan dan kemajuan dalam ilmu gizi serta perkembangan teknologi. Meskipun terdapat keterbatasan dalam pemantauan individu dan keterbatasan interaksi fisik dalam format daring, pelatihan ini memberikan manfaat yang signifikan dalam mengembangkan keterampilan ilmiah yang diperlukan bagi para mahasiswa. Kesimpulan yaitu pelaksanaan pelatihan SST ini memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan ilmiah mahasiswa gizi Universitas Tadulako. Meskipun terdapat beberapa keterbatasan, pelatihan ini memberikan landasan yang kuat bagi perkembangan akademik dan profesional para peserta, serta kontribusi dalam perkembangan ilmu gizi.

Author Biography

Bohari, Program Studi Gizi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Indonesia

Program Studi Gizi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Indonesia

https://scholar.google.co.id

 

References

Azhima, Idzni, Seila Rizkina, Hotni Sari Harahap, Nikmah Royani Harahap, Sri Lestari, Titik Khatijah Yusda, Putri Ayu, and Sindi Syahfitri. 2023. Pelatihan Penulisan Artikel Publikasi Dan Penggunaan Aplikasi Mendeley Pada Referensi Karya Ilmiah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1):326–32. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12165.

Cahyono, Bagus Dwi, and Irwanto. 2023. Pelatihan Media Pembelajaran Power Point Bagi Mahasiswa PPG Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 2(1):24–27. https://doi.org/10.56303/jppmi.v2i1.108.

Damanik, Florida Nirma Sanny. 2012. Menjadi Masyarakat Informasi. Jurnal SIFO Mikroskil, 13(1):73–82. https://doi.org/10.55601/jsm.v13i1.48.

Fallah, Syaikhul. 2019. Pelatihan Mendeley Dan Anti-Plagiat Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. The Community Engagement Journal: The Commen, 2(2):104–7. https://doi.org/10.52062/.v2i2.2155.

Hakim, Lukman. 2022. Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Pendidikan. Retrieved 11 May 2023 (https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan).

Hakim, Muhammad Fadhil Al. 2022. Tantangan dan Solusi Pembelajaran Online Berbasis Digital pada Masa Pandemic Covid-19. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1): 44–56. https://doi.org/10.15548/thje.v4i1.4249.

Heydarian, Hamid, Marc Adam, Tracy Burrows, Clare Collins, and Megan E. Rollo. 2019. Assessing Eating Behaviour Using Upper Limb Mounted Motion Sensors: A Systematic Review. Nutrients, 11(5):1168. https://doi.org/10.3390/nu11051168.

KMP UNY. 2020. Pelatihan Desain PPT Presentasi. Retrieved 13 August 2023 (http://kmp.student.uny.ac.id/pelatihan-desain-ppt-presentasi/).

Nurrahmi, Febri, Hamdani M, Syam. 2020. Perilaku Informasi Mahasiswa Dan Hoaks di Media Sosial. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2): 129–46. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9215.

Ririen, Deci, Febblina Daryanes. 2022. Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1): 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738.

Rohaeni A, W Wijiharta. 2022. Soft Skill Training as a Success Tool for College Graduates. Youth & Islamic Economic Journal 3(1):6–13.

Sak, Jaros?aw, Magdalena Suchodolska. 2021. Artificial Intelligence in Nutrients Science Research: a Review. Nutrients, 13(2): 322. https://doi.org/10.3390/nu13020322.

Siswanto, Romi. 2022. Transformasi Digital Dalam Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi. Retrieved 12 May 2023 (https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/transformasi-digital-dalam-pemulihan-pendidikan-pasca-pandemi).

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Bohari, B. (2023). Pelatihan Secara Online tentang Scientific Skill Training (SST) Bagi Mahasiswa Gizi . Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(1), 38–44. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i1.681