Upaya Peningkatan Tanggap Bencana Mahasiswa Keperawatan Stikes Nani Hasnuddin Melalui Simulasi Kebencanaan
DOI:
https://doi.org/10.36590/jagri.v5i2.1314Keywords:
tanggap bencana, simulasi kebencanaan, kesiapsiagaanAbstract
Indonesia merupakan negara yang rawan bencana, baik bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan tsunami, maupun bencana non-alam seperti wabah penyakit, Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan tanggap bencana mahasiswa keperawatan melalui simulasi kebencanaan di lingkungan Stikes Nani Hasnuddin. Kegiatan ini melibatkan 60 mahasiswa yang dibagi dalam kelompok untuk mengikuti serangkaian simulasi yang dirancang untuk memperkuat pemahaman teoritis dan praktis tentang tanggap bencana. Metode yang digunakan yaitu pelatihan berbasis simulasi mencakup pre-test untuk mengukur pengetahuan awal, pelaksanaan simulasi, dan post-test untuk mengevaluasi peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, dengan persentase pengetahuan dasar tentang tanggap bencana meningkat dari 64% menjadi 92% setelah simulasi. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tetapi juga membangun rasa percaya diri serta kemampuan kerja sama tim dalam situasi darurat. Melalui pengalaman langsung dalam simulasi, mahasiswa diharapkan dapat lebih siap menghadapi tantangan bencana di masyarakat. Pengabdian ini memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan kompetensi mahasiswa keperawatan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.
Downloads
References
Alharbi, A., Nurfianti, A., Mullen, R. F., McClure, J. D., Miller, W. H. 2024. The Effectiveness of Simulation-Based Learning (SBL) on Students' Knowledge and Skills in Nursing Programs: A Systematic Review. BMC Medical Education. 24(1099), 1-12. https://doi.org/10.1186/s12909-024-06080-z
BNPB. 2020. Laporan Tahunan Penanggulangan Bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
Bardah, D., Handiyani, H. 2020. Efektivitas Penggunaan Virtual Simulasi dalam Pendidikan Keperawatan: Literature Review. Syntax Idea. 2(2), 13-18. https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/139
Chow, K.M., Ahmat, R., Leung, A.W.Y., Chan, C.W.H. 2023. Is High-F idelity Simulation-Based Training in Emergency Nursing Effective in Enhancing Clinical Decision-Making Skills? A Mixed Methods Study. Nurse Education in Practice. 69, 103610. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2023.103610
Geng, C., Luo, Y., Pei, X., Chen, X. 2021. Simulation in Disaster Nursing Education: A Scoping Review. Nurse Education Today. 107, 105119. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.105119
Hamdi, A., Al Thobaity, A. 2023. Enhancing Disaster Triage Competencies through Simulation-Based Training: An Interventional Study among Undergraduate Nursing Students. Sustainability. 15(21), 1-13. https://doi.org/10.3390/su152115513
Kurt, Y., Özkan, Ç. G., Öztürk, H. 2022. Nursing Students' Classroom Climate Perceptions: A Longitudinal Study. Nurse Education Today. 111(2), 105311. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2022.105311
Labrague, L. J., De Los Santos, J. A. 2020. Association between Nurse and Hospital Characteristics and Organisational Silence Behaviours in Nurses: A Cross-Sectional Study. Journal of Nursing Management. 28(8), 2196–2204. https://doi.org/10.1111/jonm.13101
Lataima, N., Siagian, M., Rhomadona, S. 2024. Pengaruh Edukasi Berbasis Digital terhadap Pengetahuan dan Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran pada Warga Griya Surabaya Asri RT/RW 005/004 Surabaya. Jurnal Keperawatan. 13(1), 38-42. https://doi.org/10.47560/kep.v13i1.596
Mustaffa, K. H., Shafie, A. A., Ngu, L. H. 2022. A Comparison of Self-Evaluated Survey and Work Sampling Approach for Estimating Patient-Care Unit Cost Multiplier in Genetic Nursing Activities. Asian Nursing Research. 16(3), 170–179. https://doi.org/10.1016/j.anr.2022.06.001
Nurmansyah, M., Buanasasi, A. 2019. Pengaruh Pendidikan Kebencanaan Banjir Bandang terhadap Kesiapsiagaan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan FK Unsrat. Jurnal Keperawatan. 7(1), 1-8. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.25205
Park, Y. M., Hwang, W. J. 2024. Development and Effect of a Simulation-Based Disaster Nursing Education Program for Nursing Students using Standardized Patients. The Journal of Nursing Research. 32(1), 1-11. https://doi.org/10.1097/jnr.0000000000000596
Renidayati., Reflita., Ilda, Z. A., Fadriyanti, Y. 2022. Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah Menghadapi Bencana melalui Group Supportive Therapy dan Pelatihan Sekolah Siaga. Jurnal Keperawatan Silampari. 6(1), 15-22. https://doi.org/10.31539/jks.v6i1.4514
Sebu, S., Suranata, F. M., Riu, S. D. M. 2022. Pengaruh Edukasi Tanggap Darurat Bencana dengan Metode Tabletop Disaster Exercise terhadap Pengetahuan Penatalaksanaan Korban Bencana pada Mahasiswa S1 Keperawatan di STIKES Muhammadiyah Manado. Jurnal Kesehatan Amanah, 3(1), 35–42. https://ejournal.unimman.ac.id/index.php/jka/article/view/60
Tae, P. M. S. Y., Indarwati, R., Armini, N. K. A. 2024. Implementasi Satuan Pendidikan Aman Bencana terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi pada Siswa. Journal of Telenursing (JOTING). 6(1), 568-577 https://doi.org/10.31539/joting.v6i1.9064