Pelatihan Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Musafira Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia
  • Darma Ekawati Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia
  • Fardinah Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia
  • Alni Sari Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia
  • Kartini Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.640

Keywords:

anak usia dini, taman kanak-kanak, eksperimen sains, pembelajaran sains

Abstract

Pembelajaran sains pada anak usia dini dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan salah satu diantaranya yaitu dengan eksperimen sains. Eksperimen sains sangat penting dan mempengaruhi perkembangan anak usia dini terlebih kemampuan anak dalam berpikir kritis dan menstimulasi pada perkembangan sosial emosional. Hasil survei menunjukkan bahwa guru membutuhkan solusi untuk merancang dan melaksanakan proses belajar mengajar anak usia dini yang menyenangkan, menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik terutama dalam pengenalan pembelajaran sains bagi anak usia dini. Solusi atas permasalahan tersebut berupa pemberian program pelatihan pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: tahap persiapan dengan komunikasi dengan mitra terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran anak usia dini, tahap pelaksanaan dengan memberikan penjelasan pembelajaran sains untuk anak usia dini dan melakukan beberapa eksperimen sains yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, serta tahap monitoring dan evaluasi dengan mengukur keberhasilan pelatihan pembelajaran sains. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran sains yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan anak usia dini, serta para siswa sangat tertarik dan antusias dalam melakukan eksperimen sains.

Author Biographies

Musafira, Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Darma Ekawati, Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

https://scholar.google.co.id

Fardinah, Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

https://scholar.google.co.id

 

Alni Sari, Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Kartini, Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

References

Afnida, M., Suparno, S., 2020. Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obesesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2), 971-981. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480

Agustina, A., Azzahra, F., 2021. Little Muslim Scientist. Maskana Kids, Jakarta.

Eliamah, E., Wahira, W., Alam, K., 2022. Meningkatnya Motivasi Belajar Anak Usia Dini (AUD) Melalui Pembelajaran Sains. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran. 1(2), 71-81. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26495

Fajriyyah, E., Fajrie, N., 2022. Penerapan Eksperimen Sains di Raudhatul Athfal. Jurnal Buah Hati. 9(2), 77–83. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i2.2049

Hasbi, M., Wulandari, R., 2020. Bermain Sains. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Herlina, Nursakina, Herman, Ilyas, S.N., 2022. Metode Percobaan Sains Sederhana dengan Kegiatan Ecoprint Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 10(3), 506–512.

Khaeriyah, E., Saripudin, A., Kartiyawati, R., 2018. Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak. 4(2), 102–119. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155

Klarissa, N.W.E., Tirtayani, L.A., Wiyasa, I.K.N., 2018. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Kelompok B3 TK Sila Chandra I Batubulan Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 6(3), 282-292. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15186

Mufida, I., Ridlwan, M., Abidin, R., 2022. Pengaruh Metode Bermain Sains Secara Sederhana Terhadap Perkembangan Kognitif Anak di KB. Al-Mizan Dusun Planggaranm Desa Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2021/2022. Proceedings (Conference of Elementary Studies). 1(1), 166-185.

Nufus, S.A.H., 2022. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Sains Rambatan Warna. Jurnal Paud Agapedia. 6(1), 62–70.

Rahmi, P., 2019. Pengenalan Sains Anak Melalui Permainan Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. Jurnal Pendidikan Anak. 5(2), 43–55.

Risnawati, A., 2020. Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains. 2, 513–515.

Wibowo, S., Utoro, E., 2022. Edu Science: Eksperimen Keren. Visi Mandiri., Surakarta.

Yaswinda, Yulsyofriend, Mayar, F., 2018. Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2(2), 13–22.

Yunesti, D., 2022. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Proses Metode Eksperimen. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal. 3, 20–29. https://doi.org/10.32923/lenternal.v3i2.2486

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Musafira, M., Ekawati, D., Fardinah, F., Sari, A., & Kartini, K. (2023). Pelatihan Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini . Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(2), 45–51. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.640