Pelatihan Pembuatan Fun Thinkers Match Frame Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Darma Ekawati Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia
  • Fardinah Fardinah Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia
  • Ahmad Ansar Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia
  • Ratna Sari Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia
  • Hasma Sulaiman Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v4i1.406

Keywords:

fun thinkers match frame, media pembelajaran, matematika, pendidikan dasar

Abstract

Pendidikan matematika di sekolah dasar merupakan awal dari mulai seorang anak untuk mendalami kemampuannya dalam memahami konsep-konsep di dalam matematika dan pengetahuan yang didapat akan sangat mempengaruhinya pada jenjang pendidikan berikutnya. Hasil survei menunjukkan bahwa guru membutuhkan solusi untuk menangani permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika yaitu siswa kurang motivasi dan kurang tertarik dalam mempelajari materi matematika sehingga dibutuhkan pemilihan media pembelajaran inovatif dan menarik. Solusi atas permasalahan tersebut berupa pemberian program pelatihan dan pendampingan pembuatan fun thinkers match frame untuk materi matematika. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SD Negeri 2 Bababulo, Majene dalam membuat media pembelajaran berupa fun thinkers match frame. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode 1) komunikasi dengan mitra terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi, 2) pembuatan materi dan persiapan alat dan bahan, 3) pelatihan dan pendampingan dengan demonstrasi dan bimbingan pembuatan dan cara penggunaan media dan 4) evaluasi kegiatan berupa kuesioner kepuasan peserta pelatihan. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah tersedianya media pembelajaran matematika berupa 6 set fun thinkers match frame yang siap digunakan dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini juga meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif terkhusus untuk materi matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Darma Ekawati, Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

https://scholar.google.co.id

 

 

Fardinah Fardinah, Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

 

Ahmad Ansar, Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

https://scholar.google.co.id

Ratna Sari, Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Program Studi Matematika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

 

Hasma Sulaiman, Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

Program Studi Statistika, Universitas Sulawesi Barat, Majene, Indonesia

 

References

Anjarani AS, Mulyadiprana A, Respati R. 2020. Fun Thikers Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Sasar?: Kajian Hipotetik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4): 100–111. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26466

Dewi NLWR, Suarni NK, Agustiana IGAT. 2021. Media Fun Thinkers Berbasis Soal Literasi untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2): 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37939. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37939

Dewi RA, Sudjito DN, A. MRSSN. 2016. Desain Media Pembelajaran Menggunakan Permainan Fun Frame in Physics pada Pokok Bahasan Cermin Cekung Melalui Turnamen. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Quantum, 1(1): 47–54.

Jummita J, Agustiana IGAT, Dibia IK. 2021. Media Fun Thinkers Berbasis Soal Calistung pada Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku untuk Siswa SD Kelas 1. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2): 302. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37258. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37258

Khumairo DR, Lukito A. 2019. Kesalahan Siswa Sd Dalam Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat. MATHEdunesa, 8(1): 78–83.

Kibtiah M, Hendracipta N, Andriana E. 2021. Developing Fun Thinkers Book Learning Media on the Topic of Peristiwa Alam Yang Terjadi Di Indonesia At Grade V of Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4): 829. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8144. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8144

Kurniati A, Nurdin E, Rahmi D. 2022. Pengembangan Pola Pikir Matematika Anak menggunakan Media Fun Thinkers Math. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2): 77–83.

Kurniawati ES. 2017. Pengaruh Media Fun Thinkers Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB-B Di SLB Wiyata D. Sleman. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(7): 654–664.

Rahayu T. 2019. Karakteristik Siswa Sekolah Dasar dan Implikasinya terhadap Pembelajaran. Misbahul Ulum (Jurnal Institusi), 1(02 Desember): 109–121. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4071

Rahmah DL, Hidayat MT. 2022. Pengembangan Media “Fun Thinkers Book” untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4): 6361–6372. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3259

Riani RP, Huda K, Fajriyah K. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2): 173. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330. DOI: https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330

Sari P. 2017. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, II(1): 41–51. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Ekawati, D., Fardinah, F., Ansar, A., Sari, R., & Sulaiman, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Fun Thinkers Match Frame Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i1.406