Edukasi Gizi Anak Usia Dini dengan Metode Belajar dan Bermain

Authors

  • Niken Dwi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Inne Indraaryani Suryaalamsyah Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v3i1.185

Keywords:

anak usia dini, edukasi gizi, pengabdian masyarakat

Abstract

Faktor utama dan sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak adalah kesehatan. Jika terjadi masalah kesehatan atau kondisi kesehatan anak kurang sehat, maka akan berdampak pada berbagai hal yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangnya. Mengacu pada UU RI N0. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang dimaksud usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010 menunjukkan bahwa sebesar 41,2% anak usia sekolah di Indonesia mengonsumsi energi di bawah kebutuhan minimal, yaitu <70% Angka Kecukupan Gizi (AKG). Kondisi ini dapat berdampak pada terjadinya wasting pada anak. Program pengabdian masyarakat pemberian edukasi gizi kepada anak usia dini dilaksanakan secara online dan offline. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berupa pemberian materi edukasi sebanyak 3 kali pertemuan secara online melalui Zoom Meeting dan 1 kali pertemuan secara offline atau secara langsung. Sasaran dari program pengabdian masyarakat ini adalah murid TK Islam Yayasan Darul Adzkiyya yang berjumlah 14 orang. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pemberian edukasi selama 3 kali pertemuan menunjukan adanya peningkatan pengetahuan melalui hasil pre-test dan post-test pada murid-murid TK Islam Yayasan Darul Adzkiyya dengan rata-rata peningkatan sebesar 34,3%. edukasi gizi ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan anak usia dini, tetapi juga dapat merubah perilaku anak usia dini sehingga pengetahuan yang didapat terkait gizi dan kesehatan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Author Biographies

Niken Dwi Rahmawati, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Gizi, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, Indonesia

Inne Indraaryani Suryaalamsyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Gizi, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, Indonesia  

References

Amirullah A, Aris TAP, Aris AD Al Kahar. 2020. Deskripsi Status Gizi Anak Usia 3 sampai 5 Tahun pada Masa Covid 19. MURHUM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1) : 16-27.

Aulina R. 2011. Gizi Seimbang dan Makanan Sehat untuk Anak Usia Dini. Parenting Class di Islamic Baby School Playgroup and Child Care “Rumah Ibu.

Awaluddin, Tursinawati, Nurmayitah. 2017. Hubungan Status Gizi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. 2(5): 60-65.

Rita K. 2015. Pendidikan Gizi Untuk Anak Usia Dini. Jurnal EDUCHILD. 4.(2): 109 – 114.

Inten DN, Permatasari AN. 2019. Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. Jurnal Obesesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2): 366-376.

Pratiwi VN, Farhani N. 2020. Edukasi Makanan Sehat dan Bergizi pada Balita di Bunda Daycare Surabaya dengan Metode Permainan. Jurnal UNUSA. 1(3): 64-68.

UNICEF. 2020. Covid-19 dan Anak-Anak di Indonesia. Agenda Tindakan Untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. UNICEF.

Yurni AF, Sinaga T. 2017. Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan dan Praktik Membawa Bekal Menu Seimbang Anak Sekolah Dasar. Jurnal Media Gizi Indonesia. 11(2): 183-190.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Rahmawati, N. D., & Suryaalamsyah, I. I. (2022). Edukasi Gizi Anak Usia Dini dengan Metode Belajar dan Bermain . Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 3(1), 31–38. https://doi.org/10.36590/jagri.v3i1.185
Received 2021-11-21
Accepted 2021-12-21
Published 2022-06-30