Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Inggris bagi Sekolah Dasar dengan Ekonomi Lemah pada Masa Pandemi

Authors

  • Sandra Setiabudi Universitas Kristen Petra
  • Melissa Gunawan Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v2i1.140

Keywords:

pendidikan dasar, pandemi, kesenjangan pendidikan

Abstract

Pendidikan merupakan bekal utama bagi seseorang untuk bersaing di dunia kerja. Sektor ini menjadi salah satu hal yang terkena dampak negatif dari pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu, terlebih untuk pendidikan dasar. Pendidikan dasar untuk masyarakat kecil dan menengah telah menjadi perhatian beberapa lapisan masyarakat selama beberapa tahun terakhir, tak terkecuali untuk Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah. Program pengabdian masyarakat yang berkolaborasi dengan Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah ini bertujuan untuk memberikan edukasi secara dalam jaringan (daring) mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Inggris kepada siswa-siswi sekolah dasar yang proses belajarnya terganggu karena pandemi dan minimnya fasilitas. Metode yang digunakan adalah mengamati, mengenal, mengkolaborasikan, berproses, dan evaluasi. Hasil dari program ini adalah adanya interaksi dengan masyarakat yang membutuhkan dan bertambahnya wawasan siswa-siswi sekolah dasar, khususnya pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Inggris.

Author Biographies

Sandra Setiabudi, Universitas Kristen Petra

Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra

 

Melissa Gunawan, Universitas Kristen Petra

Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra

References

Asih W, Eka S. 2014. Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

EPI E. 2020. EF English proficiency index a ranking of 100 countries and regions by english skills. Jakarta: EF.

Handayani S. 2016. Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik. 3(1): 102-106.

Muchtiar Y, Mufti D. 2018. Optimasi penggunaan pekarangan sekolah sebagai media pembelajaran (studi kasus: SD Citra Almadina Padang). Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik. 1(1): 27-35.

Nasution E. 2016. Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi. 8(1): 1-10. DOI: https://doi.org/10.46963/mpgmi.v1i1.37

Noge ME, Wau MP, Lado RRR. 2020. Pelaksanaan program bimbingan belajar Bahasa Inggris “English is Fun” sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak dalam menguasai Bahasa Inggris di SD. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti. 1(2): 120-127. DOI: https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.113

Sari D, Siregar IK, Firmansyah AU. 2016. Media pembelajaran pengenalan flora dan fauna (studi kasus SD Negeri 0309 Pagaranbira Padang Lawas). Jurteksi Royal. 3(1):55-59.

Sujana IWC. 2019. Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1): 29-39. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 (UU RI Nomor 20 Tahun 2003. 2003. Jakarta: Sinar Grafika

Wijana IDP. 2018. Pemertahanan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Widyaparwa. 46(1): 91-98. DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i1.166

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Setiabudi, S., & Gunawan, M. (2021). Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Inggris bagi Sekolah Dasar dengan Ekonomi Lemah pada Masa Pandemi. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 2(1), 31–35. https://doi.org/10.36590/jagri.v2i1.140