Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepercayaan Pasien
DOI:
https://doi.org/10.36590/kepo.v5i2.1185Keywords:
mutu pelayanan keperawatan, kepercayaan pasien, pasien, rawat jalanAbstract
Penurunan jumlah kunjungan disebabkan oleh faktor-faktor mutu pelayanan keperawatan yang belum terpenuhi dan tingkat kepercayaan pasien yang rendah terhadap suatu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepercayaan pasien BPJS rawat jalan. Penelitian ini termasuk dalam dalam jenis analitik kuantitatif menggunakan cross sectional study. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan data primer disertai kuisioner, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 293 subjek. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square dan hasil uji chi-square mempunyai p-value=0,000<0,05 yang menjelaskan ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepercayaan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 293 subjek yang menilai mutu pelayanan keperawatan sebagian besar mengatakan cukup baik sebesar 45,1% dan yang menilai kepercayaan pasien sebagian besar mengatakan cukup baik sebesar 63,8%. Terdapat hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepercayaan pasien BPJS rawat jalan Rumah Sakit Tulangan Kabupaten Sidoarjo Tahun 2024. Diharapkan bagi rumah sakit perlu mengembangkan beberapa indikator mutu untuk peningkatan kinerja pelayanan rumah sakit agar terpenuhinya kepercayaan pasien yang lebih baik.
Downloads
References
Bahri, M., Haeruddin, Patimah, S. 2023. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu’mang. Journal of Muslim Community Heal. 4(4), 180-191. https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/1406
Erlangga, L. 2020. Gambaran Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Tempat Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Bunda Sidoarjo. [Karya Tulis Ilmiah]. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo: Surabaya.
Heda, K. 2021. Hubungan Persepsi Tentang Mutu Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Siulak Mukai Kabupaten Kerinci. [Skripsi]. Universitas Jambi.
Idris, H. 2021. Mutu Pelayanan Kesehatan. Unsri Press: Palembang.
Mbaloto, F.R. 2022. Mutu Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Buluye Napoa’e Kecamatan Moutong. Jurnal Keperawatan Pustaka Katulistiwa. 3(2), 19-25. https://journal.stik-ij.ac.id/index.php/Keperawatan/article/view/149
Pratama, A., Furwanti, A., Rustam, B. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Selasih Kabupaten Pelalawan. Jurnal Ekonomika. 7(2), 266-284. https://ejournal.iseiriau.or.id/index.php/economica/article/view/9
Primadewi, K., Wardana, Z.F. 2021. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien di Rumah Sakit Umum Dharma Yadnya Denpasar. Jurnal Kesehatan Midwinerslion. 6(2), 111-117. http://ejournal.stikesbuleleng.ac.id/index.php/Midwinerslion
Purwanto, N. 2019. Variabel dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10(18), 196-215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
Rahayu, S., Nuryakin, Surwanti, A. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Pasien BPJS. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia. 5(1), 65-72. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i1.1882
Rahmatillah, S. 2022. Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayaan Pendaftaran Rawat Jalan Pasien BPJS di RSUD Haji Proinsi Jawa Timur. [Skripsi]. Politeknik Negeri Jember.
Ramadhani, R., Sediawan, M.L. 2022. Kepercayaan Pasien terhadap Layanan Kesehatan Suatu Studi Tinjauan Sistematis. Jurnal Ilmu Kesehatan Media Husada. 11(1), 71-83. https://doi.org/10.33475/jikmh.v11i1.283
Rezqi, I.B. 2022. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Penyakit Tidak Menular di UPTD Puskesmas Tosora Kabupaten Wajo 2003-2005. [Skripsi]. Universitas Hasanuddin Makassar.
Shofiana, A. 2019. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Pasien pada Rumah Sakit Annisa Medika 2 Pekanbaru. Jurnal Pustaka Kesehatan. 6(2), 1-17. https://id.scribd.com/document/557626879/24546-47618-1-SM
Sintari, S.N.N., Subhaktiyasa, P.G., Andriana, K.R.F. 2022. Mutu Pelayanan Keperawatan Berhubungan dengan Kepuasan Pasien. Public Inspir. Jurnal Administrasi Publik. 7(2), 81-88. https://doi.org/10.22225/pi.7.2.2022.81-88
Yolanda, L. 2023. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Konsultan Manajemen Wilayah Oversight Consultant Regional 3 Pekanbaru Riau. Jurmal Bisnis dan Manajemen. 1(1), 20–29.