Pendampingan Pemberdayaan BUMDES Menggunakan Marketplace SI-RERRRE di Desa Cemani Grogol Sukoharjo

Authors

  • Rina Arum Prastyanti Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Fajar Suryani Program Studi Teknik Informatika, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.695

Keywords:

BUMDES, pemberdayaan, marketplace

Abstract

Desa Cemani Kecamatan Grogol merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar di Kabupaten Sukoharjo. Urgensi pemberdayaan BUMDES Desa Cemani adalah tidak adanya anggaran untuk mengelola aset BUMDES, tidak adanya sumber daya manusia yang membantu mengelola BUMDES dan kurangnya inovasi bisnis yang dimiliki BUMDES. Tujuan PKM ini adalah memberikan Pendampingan Pemberdayaan BUMDES Menggunakan Marketplace SI-RERRRE (Sistem Informasi Reduce, Reuse, Recycle, Replant dan Repair) di Desa Cemani Grogol Sukoharjo dengan menggunakan método sosialisasi dan pendampingan penggunaan Market Place SI RERRRE. Hasil penggunaan SI RERRRE ini BUMDES Sejahtera dapat mendukung desa dalam memberikan Pendapatan Asli Desa dan memberdayakan BUMDES yang dikelola.

Author Biographies

Rina Arum Prastyanti, Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Surakarta, Indonesia

Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Surakarta, Indonesia

https://scholar.google.com

Fajar Suryani, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Surakarta, Indonesia

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Surakarta, Indonesia

https://scholar.google.co.id

References

Artaya, I.P., Purworusmiardi, T., 2019. Efektifitas Marketplace dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur. [skripsi]. Universitas Narotama Surabaya.

Berlianda, S., 2019. Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan. April. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.1015 7.95206

Churiyah, M., Sholikan., Susanti, E., Pratiko, H., 2021. Strategi Penguatan Daya Saing UMKM di masa Pandemi COVID-19. Jurnal Karinov. 4(2), 129-135.

Djahmiq, I., Salahudin., 2022. Analisis Tantangan dan Potensi dalam Meningkatkan Inovasi Pembangunan Desa Bagi Keberlangsungan Masyarakat Desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. 7(1), 25-44. https://doi.org/10.14710/jiip.v7i1.13486

Filya, A.R., 2018. Optimalisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Meningkatkan Pades di Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus di Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro). Jurnal Ekonomi dan Keuangan Publik. 5(1), 19–39.

Hadi, D. F., Zakiah, K., 2021. Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi.

Hariyanto, E., Wahyuni, S., 2020. Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Internet Sehat Bagi Anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mozaik Desa Pematang Serai. Jurnal ABDIMAS BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2), 253–259. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8449

Hermawan, A., 2022. Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional di Simpang Mataram Baru Lampung Timur. [skripsi]. Universitas Muhammadiyah Metro.

Ma’rifah, I., Indah, B.R., Rizqi, E.I., Kustiningsih, N., 2022. Pengaruh Marketplace dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif pada UMKM D’elixir. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi. 2(2), 349-356. https://doi.org/10.46306/rev.v2i2.78

Marali, M.D., Pradana, F., Priyambadha, B., 2018. Pengembangan Sistem Aplikasi Transaksi Bank Sampah Online Berbasis Web (Studi Kasus: Bank Sampah Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2(11), 5644-5650.

Nursetiawan, I., 2018. Strategi Pengembangan Desa Mandiri melalui Inovasi BUMDES. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. 4(2), 72–81.

Sugiarti, Y., Sari, Y., Hadiyat, M. A., 2020. Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2), 298-310. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.28181

Suhayati, M., 2018. Pengaturan Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Badan Usaha Milik Desa dan Implementasinya. Kajian. 23(4), 257 - 266

Trulin, P., 2021. Pemasaran Produk UMKM melalui Media Sosial dan E-Commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi. 5(2), 259-279. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Widayanti, R.E., Oktafia, R., 2021. Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) “Sukses Bersama” Desa Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Perbankan dan Keuangan Islam. 4(1), 242–252.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Prastyanti, R. A., & Suryani, F. (2023). Pendampingan Pemberdayaan BUMDES Menggunakan Marketplace SI-RERRRE di Desa Cemani Grogol Sukoharjo . Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(2), 76–82. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.695