Quality of Health Services and Patient Satisfaction

Authors

  • Nining Ade Ningsih Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar, Indonesia
  • Muhammad Rifai Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar, Indonesia
  • Adinda Sari Pasinggi Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar, Indonesia
  • Saparuddin Latu Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • Ummi Kalsum Marwan Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Palopo, Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36590/jika.v5i3.536

Keywords:

public health center, patient satisfaction, quality of health services

Abstract

Adhytyo DR, Mulyaningsih. 2013. Reliabilitas Mempengaruhi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di Salah Satu Puskesmas Kabupaten Ngawi. Gaster, 10(2): 22–32.

Afifah K. 2020. Relationship of Health Care Quality With Interest in Patient Re-Visits at Cangkringan Sleman Health Center. Jurnal EduHealth, 11(1): 26–32. https://doi.org/10.54209/jurnaleduhealth.v11i1.78

Ahmad H, Antoni A, Napitupulu M, Permayasa N. 2021. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 6(2):1-12. http://dx.doi.org/10.51933/health.v6i2.546

Anjayati S. 2021. Review Artikel?: Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Menggunakan Metode Servqual. Nursing Care and Health Technology Journal, 1(1): 31–38. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i1.7

Astuti D. 2017. Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. HIGEIA: Journal of Public Health Research and Development, 1(1): 65-72.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lahaji LC, Wowor RE, Esther G, Korompis C. 2019. Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Wawonasa Kota Manado. Jurnal Kesmas, 7(4): 1–9.

Maulina L, Madjid TA, Chotimah I. 2019. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. PROMOTOR: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(2): 130-136. https://doi.org/10.32832/pro.v2i2.1798

Ningsih NA, Hasmah H, Bhebhe AV. 2021. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Minat Memanfaatkan Ulang Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Kesmas Jambi, 5(2): 71–80. https://doi.org/10.22437/jkmj.v5i2.14405

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan?: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Purwoastuti E. 2014. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Puskesmas Tamalanrea Jaya. 2022. Profil Puskesmas Tamalanrea Jaya tahun 2021.

Riandi R. 2018. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Wonorejo Samarinda Tahun 2018. [skripsi]. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Suwuh MK, Maramis FRR, Wowor RE. 2018. Hubungan antara Kualitas Jasa Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(3): 1–8.

Taekab AH, Suryawati C, Kusumastuti W. 2019. Analisis Persepsi Pasien terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. JKM: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1): 31–40.

Weningsih S. 2014. Pelayanan dan Persepsi Masyarakat terhadap Jamkesmas (Studi Kasus di Puskesmas II Baturaden, Kabupaten Banyumas). Jurnal Organisasi dan Manajemen, 10(1): 44–58.

Zainafree I, Respati SA. 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Halmahera Kota Semarang. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat J-Kesmas Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(1): 1–6.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nining Ade Ningsih, Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar, Indonesia

Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar, Indonesia

https://scholar.google.co.id

Muhammad Rifai, Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar, Indonesia

Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar, Indonesia

Adinda Sari Pasinggi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar, Indonesia

Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar, Indonesia

Saparuddin Latu, Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia

Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia

https://scholar.google.com

Ummi Kalsum Marwan, Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Palopo, Palopo, Indonesia

Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Palopo, Palopo, Indonesia

References

Adhytyo DR, Mulyaningsih. 2013. Reliabilitas Mempengaruhi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di Salah Satu Puskesmas Kabupaten Ngawi. Gaster, 10(2): 22–32.

Afifah K. 2020. Relationship of Health Care Quality With Interest in Patient Re-Visits at Cangkringan Sleman Health Center. Jurnal EduHealth, 11(1): 26–32. https://doi.org/10.54209/jurnaleduhealth.v11i1.78

Ahmad H, Antoni A, Napitupulu M, Permayasa N. 2021. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 6(2):1-12. http://dx.doi.org/10.51933/health.v6i2.546

Anjayati S. 2021. Review Artikel?: Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Menggunakan Metode Servqual. Nursing Care and Health Technology Journal, 1(1): 31–38. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i1.7

Astuti D. 2017. Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. HIGEIA: Journal of Public Health Research and Development, 1(1): 65-72.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lahaji LC, Wowor RE, Esther G, Korompis C. 2019. Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Wawonasa Kota Manado. Jurnal Kesmas, 7(4): 1–9.

Maulina L, Madjid TA, Chotimah I. 2019. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. PROMOTOR: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(2): 130-136. https://doi.org/10.32832/pro.v2i2.1798

Ningsih NA, Hasmah H, Bhebhe AV. 2021. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Minat Memanfaatkan Ulang Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Kesmas Jambi, 5(2): 71–80. https://doi.org/10.22437/jkmj.v5i2.14405

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan?: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Purwoastuti E. 2014. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Puskesmas Tamalanrea Jaya. 2022. Profil Puskesmas Tamalanrea Jaya tahun 2021.

Riandi R. 2018. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Wonorejo Samarinda Tahun 2018. [skripsi]. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Suwuh MK, Maramis FRR, Wowor RE. 2018. Hubungan antara Kualitas Jasa Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(3): 1–8.

Taekab AH, Suryawati C, Kusumastuti W. 2019. Analisis Persepsi Pasien terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. JKM: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1): 31–40.

Weningsih S. 2014. Pelayanan dan Persepsi Masyarakat terhadap Jamkesmas (Studi Kasus di Puskesmas II Baturaden, Kabupaten Banyumas). Jurnal Organisasi dan Manajemen, 10(1): 44–58.

Zainafree I, Respati SA. 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Halmahera Kota Semarang. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat J-Kesmas Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(1): 1–6.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ningsih, N. A., Rifai, M., Pasinggi, A. S., Latu, S., & Marwan, U. K. (2023). Quality of Health Services and Patient Satisfaction. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIKA), 5(3), 422–431. https://doi.org/10.36590/jika.v5i3.536