Sosialisasi dan Bimbingan Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Datar

Authors

  • Arisman Sabir Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia
  • Yogi Irdes Putra Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia
  • Fauziah Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia
  • Ahmad Ridoh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia
  • Fitri Yanti Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.675

Keywords:

anak, bimbingan, pola asuh, orang tua, sosialisasi

Abstract

Minimnya waktu orang tua dalam bertukar pikiran dengan anak di rumah dan hampir tidak ada waktu untuk bertanya kegiatan anak seharian dan memantau anaknya. Bahkan ketika lagi capek pulang kerja orangtua sering marah-marah ketika melihat anak main gadget tanpa menegur secara lemah lembut. Hal ini mendasari kegiatan sosialisasi dan bimbingan pola asuh orang tua ini sebagai upaya menumbuhkan karakter anak dengan menciptakan keluarga yang berkarakter jujur, peduli/empati, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, adil, sabar, religius, toleransi, kepemimpinan dan mengurangi karakter buruk pada anak dengan menggunakan metode pengawasan, aturan dan hukuman. Metode kegiatan pengabdian dengan ceramah dan pembimbingan terstruktur. Hasil pengabdian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan orang tua terhadap pola asuh dengan menerapkan pola asuh demokratis kepada anak (memberikan kebebasan kepada anak dengan penuh tanggung jawab), dan memberikan metode keteladanan, pembiasaan, perhatian, nasehat dan metode hukuman.  Kesimpulan yaitu sosialisasi dan bimbingan pola asuh orang tua berdampak positif terhadap pola asuh orangtua dalam mendidik anak secara baik dan benar tanpa melakukan kekerasan.

Author Biographies

Arisman Sabir, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

https://scholar.google.co.id

Yogi Irdes Putra, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

https://scholar.google.com

Fauziah, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

https://scholar.google.co.id

Ahmad Ridoh, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

https://scholar.google.com

Fitri Yanti, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Indonesia

References

Ayun, Q., 2020. Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 5(1), 102-122. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Baiti, N., 2021. Perkembangan Anak Melejitkan Potensi Anak Sejak Dini. Guepedia.

Fimansyah, W., 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Era Globalisasi. Primary Education Journal Silampari. 1(1), 1-6.

Hakiki, M., Putra, Y. I., Ridoh, A., Mailisa, R., Sabir, A., Kurniawan, A., 2022. Sosialisasi Peran Orang Tua pada Anak Terhadap Penggunaan Teknologi di Desa Sungai Kapas Kabupaten Merangin. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat. 3(1), 57-61. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.737

Hasanah, U., 2016. Pola Asuh Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Elementary. 2(2), 72–82.

Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., Astuti, B., 2016. Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiential Learning. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 72-79.

Pahlevi, R., Utomo, P., Septian, M. R., 2022. Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak. 4(1), 91-102.

Rahmah, S., 2019. Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. 17(33), 13-31. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2369

Safari, M., 2021. Monograf Kesiapan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Eureka Media Aksara.

Safitri, E., 2019. Peran Orangtua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Era Milenial (Studi Kasus di Desa Talang Tinggi Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma). [skripsi]. IAIN Bengkulu.

Sari, D., 2017. Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Siswanto, R., 2022. Transformasi Digital dalam Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi. Diakses pada 12 Mei 2023 pada https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/transformasi-digital-dalam-pemulihan-pendidikan-pasca-pandemi.

Utomo, P., Prayogi, F., Pahlevi, R., 2022. Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal. 5(1), 35-50. http://dx.doi.org/10.24235/prophetic.v5i1.11170

Yustim., Irman., Fitriani, W., Nurlaila., Dasril., 2023. Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Sosial Anak Usia Dini dan Implikasinya dalam Konseling. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5(1), 4335–4344.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Sabir, A., Putra, Y. I., Fauziah, F., Ridoh, A., & Yanti, F. (2023). Sosialisasi dan Bimbingan Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Datar . Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(2), 59–66. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.675

Most read articles by the same author(s)