Optimalisasi Protokol Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa-Siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.36590/jagri.v2i1.151Keywords:
covid-19, edukasi, protokol kesehatanAbstract
Salah satu kelompok yang paling berisiko tertular Covid-19 dan pengetahuannya masih rendah tentang Covid-19 adalah kelompok anak-anak. Pemahaman anak-anak terhadap Covid-19 dan pencegahannya yang masih minim dapat terjadi karena metode penyampaian atau media informasi yang belum sesuai tingkat pemahaman mereka. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk optimalisasi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 di madrasah ibtidaiyah negeri di Banda Aceh. Metode pengabdian yang dilakukan adalah edukasi, menonton video, demonstrasi, dan diskusi interaktif. Materi edukasi tentang protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Edukasi dilakukan pada 46 siswa-siswi yang terbagi dalam dua sesi, masing-masing sesi sekitar 45 menit. Setelah dilaksanakan edukasi didapatkan peningkatan pemahaman siswa-siswi madrasah ibtidaiyah tentang protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Simpulan, kegiatan ini efektif dilaksanakan, dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa-siswi tentang protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Saran pada edukasi berikutnya, agar anak-anak didampingi orang tua masing-masing saat mendapatkan edukasi.
References
Adliyani ZON. 2015. Pengaruh perilaku individu terhadap hidup sehat. Majority. 4(7). 109-114.
Batubara HH, Ariani DN. 2016. Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran matematika SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 2(1). 47-66. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741
Budiharto. 2013. Pengantar ilmu perilaku kesehatan dan pendidikan kesehatan gigi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Dinas Kesehatan Provinsi Aceh. Penderita Covid-19 yang sembuh tambah 68 orang, 18 kasus positif baru. Diakses tanggal 29 Januari 2021 dari https://dinkes.acehprov.go.id/news/read/2021/01/28/570/penderita-covid-19-yang-sembuh-tambah-68-orang-18-kasus-positif-baru.html.
Isupova OH. 2020. New problems of Russian families in the context of the Covid-19 pandemic. Population and Economics, 4(2), 81–83. DOI: https://doi.org/10.3897/popecon.4.e53619
Kemenkes Republik Indonesia. 2020. Petunjuk teknis pelayanan puskesmas pada masa pandemi Covid-19.
Kurniawan TD. 2016. Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Gedangsari Gunung Kidul tahun ajaran 2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 3(1). 21-26.
Nathavitharana RR, Patel PK, Tierney DB, Mehrotra P, Lederer PA, Davis S, Nardell E. 2020. Innovation and knowledge sharing can transform Covid-19 infection prevention response. Journal of Hospital Medicine, 15(5). 299–301. DOI: https://doi.org/10.12788/jhm.3439
Power K. 2020. The Covid-19 pandemic has increased the care burden of women and families. Sustainability: Science, Practice and Policy. 16(1). 67–73. DOI: https://doi.org/10.1080/15487733.2020.1776561
Prabandari YY, Patmawati RS, Supriyati, Hasanbasri M, Dewi, FST. 2020. Ilmu sosial periku; Untuk kesehatan masyarakat. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Putra YIW, Manalu, NV. 2020. Tingkat pengetahuan dan perilaku warga dalam menjalankan protokol kesehatan di masa new normal pandemi corona. Community of Publishing in Nursing. 8(4). 366-373. DOI: https://doi.org/10.24843/coping.2020.v08.i04.p04
Rohita R. 2020. Pengenalan Covid-19 pada anak usia prasekolah: analisis pada pelaksanaan peran orangtua di rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1). 315-326. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.528