Caring di Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan Kepuasan Keluarga Pasien

Authors

  • Agil Putra Tri Kartika Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Asep Novi Taufiq Firdaus Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Mochammad Eki Nugraha Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36590/kepo.v5i2.1223

Keywords:

caring, igd, kepuasan keluarga

Abstract

Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan awal pelayanan medis pasien bagi pasien gawat darurat di Rumah Sakit. Pelayanan di IGD harus sesuai dengan standar yang berlaku. Jika tidak, maka konsekuensinya dapat berakibat fatal bagi pasien. Menurunnya perilaku caring perawat di IGD menyebabkan menurunnya kualitas layanan dan berdampak pada kepuasan pasien dan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan caring di pelayanan IGD dengan kepuasan keluarga pasien. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 109 subjek dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisa data menggunkan uji Spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukan hasil caring pelayanan IGD RSUD W Kabupaten Cirebon dalam kategori baik (45%), cukup (45,9%) dan kurang (9,2%). Sedangkan kepuasan keluarga pasien dalam kategori sangat puas (48,6%), puas (44%) dan cukup puas (7,3%). Hasil uji hubungan menunjukan terdapat hubungan kuat antara caring pelayanan dan kepuasan keluarga pasien di IGD RSUD W Kabupaten Cirebon dengan arah hubungan bersifat positif (p-value=0,001; r=0,774). Sehingga, semakin baik caring pelayanan di IGD maka akan semakin tinggi kepuasan keluarga dan/atau pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agil Putra Tri Kartika, Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

Asep Novi Taufiq Firdaus, Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

https://scholar.google.com

Mochammad Eki Nugraha, Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

References

Alikari, V., Gerogianni, G., Fradelos, E.C., Kelesi, M., Kaba, E., Zyga, S. 2023. Perceptions of Caring Behaviors among Patients and Nurses. International Jounal Environmental Research and Public Health. 20(1), 1-10. https://doi.org/10.3390/ijerph20010396

Ambarika, R., Wardani, L.K. 2021. Analisis Hubungan Perilaku Caring dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Kesehatan. The Indonesian Journal of Health Science. 13(1), 53-60. https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i1.5273

Anggoro, W.T., Aeni, Q., Istioningsih, I. 2019. Hubungan Karakteristik Perawat dengan Perilaku Caring. Jurnal Keperawatan Jiwa. 6(2), 98-105. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.98-105

Bacelar-silva, G.M., Cox, J.F., Baptista, H.R. 2021. Identifying and Addressing the Underlying Core Problems in Healthcare Environments?: An Illustration Using an Emergency Department Game. International Jounal Environmental Research and Public Health. 18(19), 1-22. https://doi.org/10.3390/ijerph181910083

Boykin, A., Schoenhofer, S.O., Hilton, N., Scott, A.J., Smith, L.A. 2021. They Have Our Backs: Nurse Leader and Caring-Based Nursing Theory in the Time of Covid-19. Nurse Leaders. 19(2), 179-183. https://doi.org/10.1016/j.mnl.2020.08.011

Bull, C., Latimer, S., Gillespie, B.M. 2022. I knew I’ d be taken care of: Exploring Patient Experiences in the Emergency Department. Journal of Advance Nursing. 78(10), 3330-3344. https://doi.org/10.1111/jan.15317

Fatimah. 2022. Hubungan Perilaku Caring dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Literatur Review. [Skripsi]. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Fauziyah, R.A., Endiyono, D. 2020. Hubungan Caring Perawat terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Tentara Wijayakusuma 2. Cyntax Idea. 2(6), 117-127. https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/380/336

Firmansyah, C.S., Noprianty, R., Karana, I. 2019. Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Teori Jean Watson di Ruang Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Vokasional. 4(1), 33-48. https://doi.org/10.22146/jkesvo.40957

Hidayanto, A.N., Wirakhmi, I.N. 2021. Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Gadar Caring Scale 46 (Gcs-46). [Prosiding]. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/2362/

Hudaya, Y. 2023. Gambaran Caring Perawat Anak pada Masa Pandemi COVID-19 di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. [Skripsi]. Universitas Gadjah Maha Yogyakarta.

Inocian, E.P., Cruz, J.P., Alshehry, A.S., Alshamlani, Y., Ignacio, E.H., Tumala, R.B. 2021. Professional Quality of Life and caring Behaviours among Clinical Nurses During the COVID-19 Pandemic. Journal of Clinical Nursing. 6(10). https://doi.org/10.1111/jocn.15937

Kalaja, R., Krasniqi, M., 2022. Patient Satisfaction with Quality of Care in Public Hospitals in Albania. Frontiers in Public Health. 10, 1-10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.925681

Kemenkes. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes. 2018. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Liang, Yan li , jing jing pan, W. 2021. Family Satisfaction in the Intensive Care Unit: The Influence of Disease Severity, Care Relationship, Patient Anxiety and Patient Pain. Intensive and Critical Care Nursing. 63, 102995. https://doi.org/10.1016/j.iccn.2020.102995

Lunt, C., Mathieson, K. 2020. Emergency Nurses Attitudes Toward Barcode Medication Administration. Canadian Journal of Emergency Nursing. 43(1), 6-11. https://cjen.ca/index.php/cjen/article/view/17

Maria, I. 2019. Caring dan Comfort Perawat dalam Kegawat Darurat. CV Budi Utama: Yogyakarta.

Nafratilova, L., Putra, N.E. 2021. Hubungan Caring Perawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Instalasi Gawat Darurat di RS Pekanbaru. Jurnal Kesehatan Maharatu. 2(2), 107-116. https://ojs.stikestengkumaharatu.ac.id/index.php/JKM/article/view/38

Oluma, A., Abadiga, M. 2020. Caring Behavior and Associated Factors Among Nurses Working in Jimma University Specialized Hospital, Oromia, Southwest Ethiopia, 2019. BMC Nursing. 23(19), 1-7. https://doi.org/10.1186/s12912-020-0407-2

Pane, A. 2020. Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien terhadap Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2020. [Skripsi]. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan.

Plevová, I., Zeleníková, R., Jarošová, D., Janíková, E. 2021. The Relationship Between Nurse’S Job Satisfaction and Missed Nursing Care. Medycyna Pracy. 72(3), 231-237. https://doi.org/10.13075/mp.5893.01035

Purwandari, E. 2023. Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. [Skripsi]. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Putri, E.M.I. 2020. Sistem Penilaian Kinerja Perawat Pelaksana Berbasis Caring. CV Pena Persada: Jawa Tengah.

Simandalahi, T., Morika, H.D., Sartiwi, W., Dewi, R.I.S. 2019. Hubungan Response Time dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Mesencephalon. 5(2), 127-132. https://ejournal.universitaskepanjen.ac.id/index.php/mesencephalon/article/view/114

Suroso, J. 2016. Panduan Penggunaan Instrumen Gadar Caring Scale (Gcs-46). Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadyah Purwokerto.

Susanti, T.Y., Apriana, R. 2019. Perilaku Caring Perawat dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Widya Gantari. 3(1), 1–11. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v3i1.1078

Urzia, U., Jannah, N. 2019. Persepsi Pasien terhadap Perilaku Caring Perawat di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan. 4(2), 132-140. https://jim.usk.ac.id/FKep/article/view/14156/5954

Wiguna, M. 2021. Sistem Administrasi Data Visum pada Pendaftaran Instalasi Gawat Darurat di RSUD Cileungsi Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Waterfall. Journal Informatika Tecnology. 2(2), 71-83. http://dx.doi.org/10.37373/infotech.v2i2.181

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Kartika, A. P. T., Firdaus, A. N. T., & Nugraha, M. E. (2024). Caring di Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan Kepuasan Keluarga Pasien. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 5(2), 224–234. https://doi.org/10.36590/kepo.v5i2.1223