Intensitas Bermain Game Online dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Agregat Remaja
DOI:
https://doi.org/10.36590/kepo.v5i2.1098Keywords:
game online, perilaku, agregat remajaAbstract
Saat ini, banyak orang menghabiskan waktunya dengan memainkan game online mulai dari anak-anak hingga orang dewasa termasuk remaja. Berdasarkan data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024, dari 8.720 subjek, sebanyak 2.116 subjek (24,27%) pernah bermain game online. Berdasarkan kelompok konsumen game online tersebut, sebanyak 113 orang (13,52%) menghabiskan waktu bermain game online lebih dari 4 jam/hari. Dalam survei yang dilakukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terhadap 25.164 subjek dengan rentang usia 10-18 tahun, terdapat 13.840 subjek (55%) yang bermain game online. Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan correlational dan pendekatan cross-sectional bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain game online dengan kecenderungan perilaku agresif pada agregat remaja di SMP Negeri 1 Rumbia. Sampel sebanyak 177 sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji chi-square, didapatkan p-value 0,001 (p-value ? 0,05) artinya ada hubungan signifikan antara intensitas bermain game online dengan kecenderungan perilaku agresif pada agregat remaja di SMP Negeri 1 Rumbia. Diharapkan remaja bisa lebih memperhatikan durasi bermain game online sehingga dapat mengurangi faktor penyebab perilaku agresif dan sekolah dapat menentukan kebijakan dalam pembatasan bahkan pelarangan untuk bermain game online di sekolah.
Downloads
References
Ahyani, L.N., Astuti, D.R. 2018. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
APJII. 2024. Survei Penetrasi Internet Indonesia. Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, Jakarta.
Buss, A.H., Perry, M. 1992. The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. 63(3), 452-459. Https://Doi.Org/10.1037/0022-3514.63.3.452
Chaplin, J. 2015. Kamus Lengkap Psikologi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Ditjen. 2024. Data Peserta Didik Lampung Tengah. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar Dan Menengah, Lampung Tengah. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Menengah.
Haqq, T.A. 2016. Hubungan Intensitas Bermain Game Online terhadap Agresivitas Remaja Awal di Warnet A, B, dan C Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. [Skirpsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Isnaini, I., Malfasari, E., Devita, Y., Herniyanti, R. 2021. Intensitas Bermain Game Online Berhubungan dengan Perilaku Agresif Verbal Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa. 9(1), 235-242.
KPAI. 2023a. Data Kasus Perlindungan Anak dari Media Tahun 2023. Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Https://Bankdata.KPAI.Go.Id/Tabulasi-Data/Data-Kasus-Perlindungan-Anak-Dari-Media-Tahun-2023
Ma’ruf, H. 2015. Perilaku Agresi Relasi Siswa di Sekolah (Mengenali dan Menyelesaikannya Melalui Mediasi Sebaya). CV Aswaja Pressindo, Yogyakarta.
Mukaromah, Y., Latief, V.L., Lestari, S., Permana, I. 2023. Buku Pedoman Kesehatan Jiwa Remaja Jenjang SMP. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta.
Nisrina, S., Lestari, D.R., Rachmawati, K. 2023. Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif Remaja di SMP Negeri “X” Banjarbaru. Jurnal Keperawatan Jiwa. 11(2), 247-260.
Nurnainah, Palembai, A., Jumasnatang, 2021. Faktor Yang Mempengaruhi Resiko Perilaku Adiksi Bermain Game Online Pada Remaja Siswa. Jurnal Keperawatan Jiwa. 9(3), 629-636. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/7994
Permana, I.M.D., Tobing, D.H., 2019. Peran Intensitas Bermain Game Online Dan Pola Asuh Permisif Orangtua Terhadap Tingkat Agresivitas Pada Remaja Awal Di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana 6, 139. Https://Doi.Org/10.24843/Jpu.2019.V06.I01.P14
Purwadi, Alhadi, S., Muyana, S., Saputra, W.N.E., Supriyanto, A., Wahyudi, A., 2018. Self-Regulation Of Emotion Untuk Mereduksi Perilaku Agresi. Uad Press, Yogyakarta.
Puskesmas Rumbia, 2023. Hasil Deteksi Dini Puskesmas Rumbia. Pusat Kesehatan Masyarakat Rumbia, Lampung Tengah.
Putra, A.R., Rusli, D. 2021. Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Remaja. Jurnal Riset Psikologi. 11, 1-12. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/11663
SMPN 1 Rumbia. 2024. Data Siswa SMP Negeri 1 Rumbia. Staf Tata Usaha SMPN 1 Rumbia, Lampung Tengah.
Trisnani, R.P., Wardani, S.Y. 2018. Stop Kecanduan Game Online. Universitas PGRI Madiun Press.
WHO. 2024. Kesehatan Remaja. Worl Health Organization. Url Https://Www.Who.Int/Health-Topics/Adolescent-Health#Tab=Tab_1
Widodo, Y.P., Hidayat, F., Faikoh, N.N. 2022. Hubungan Bermain Game Online dengan Perilaku Agresif pada Remaja di SMK Bhakti Praja Slawi. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan. 13(1), 100-106. Https://Doi.Org/10.36308/Jik.V13i1.380