Pengetahuan Ibu Hamil Primipara Trimester III Sebelum dan Sesudah Bimbingan Modul Inisiasi Menyusu Dini
Knowledge in Primiparous Mothers in Third Trimester Before and After Guidance in the Early Breastfeeding Initiation Module
DOI:
https://doi.org/10.36590/jibi.v2i1.949Keywords:
Bimbingan Modul, Inisiasi Menyusu Dini , Pengetahuan, Primipara Trimester IIIAbstract
Inisiasi Menyusu Dini atau sering disingkat dengan IMD adalah suatu kesempatan yang diberikan kepada bayi segera lahir dengan cara meletakkan bayi diperut ibu, kemudian dibiarkannya bayi untuk menemukan putting susu dan menyusuii hingga puas. Proses ini dilakukan paling kurang 2 jam pertama setelah bayi lahir. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Tingkat pengetahuan ibu primipara trimester III sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan modul inisiasi menyusu dini. Metode penelitian ini adalahh deskriptif , dengan jumlah sampel sebanyak 25 ibu primpara trimester III, dimana Kriteria esklusi dalam penelitian ini adalah ibu hamil tidak tahu membaca, ibu hamil trimester I dan II. Kriteriaa inklusinya adalah semua ibu hamil trimester III yang tidak memiliki riwayat komplikasi penyakit yang ada di wilayah kerja Puskesmas Pattallassang.Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian dapat diketahui sebelum bimbingan modul ibu mempunyai nilai rata-rata(mean) adalah 12,44 ,Standar deviasi adalah 3,02 ,maxsimum adalah 18 , dan minimum adalah 8. Setelah dilakukan bimbingan modul ibu mempunyai nilai rata-rata(mean) adalah 16,92, Standar deviasi adalah 2,53, maxsimum adalah 20, dan minimum adalah 11. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebelum dilakukan bimbingan Modul IMD mayoritas ibu mempunyai pengetahuan kurang dan setelah dilakukan penyuluhan mayoritas ibu mempunyai pengetahuan baik. Diharapkan semua ibu primipara khususnya trimester III bisa lebih aktif dalam mencari informasi salah satu dengan mengikuti bimbingan tentang pentingnya IMD bagi ibu dan bayi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Accepted 2024-04-18
Published 2024-05-01