Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36590/kepo.v5i1.971Keywords:
dukungan keluarga, motivasi belajar, siswaAbstract
Motivasi belajar merupakan suatu dorongan dan penentu arah bagi siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar guna mencapai tujuan yang dikehendaki. Salah satu faktor yang memengaruhi motivasi belajar adalah dukungan keluarga. Kurangnya dukungan keluarga akan menyebabkan turunnya motivasi belajar pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif dengan rancangan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling sebanyak 100 subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dukungan keluarga mayoritas tinggi sebanyak 56% (56 orang) dan motivasi belajar siswa mayoritas sedang sebanyak 55% (55 orang). Hasil analisis chi-square menunjukkan terdapat hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa (p-value = 0,013). Peran keluarga diperlukan dalam memberikan perhatian kepada siswa sehingga motivasi belajar siswa dapat meningkat.
Downloads
References
Agustin, E.R., Effendi, Z.M., 2019. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Nilai Siswa pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Lembah Gumanti. Jurnal EcoGen, 2(4), 715–724. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7849
Cahyani, A., Listiana, I.D., Larasati, S.P.D., 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Chulsum, U., 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 5-20. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p5-20
Daly, M., Bray, R., Bruckauf, Z., Byrne, J., Margaria, A., Pe?nik, N., Samms-Vaughan, M., 2015. Family and Parenting Support: Policy and Provision in A Global Context. Unicef Office of Research. Florence: UNICEF
Dwiyanti, N., Ediati, A., 2020. Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Motivasi Belakar Siswa SMAN 1 Batangan. Jurnal Empati, 7(2), 259–265. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2018.21694
Emda, A., 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064
Fauzyah, R., 2019. Pengaruh Kelompok Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Informasi dan Komunikasi, 3(1), 19-36. https://doi.org/10.20961/jikap.v3i1.31696
Fitria, L., Barseli, M., 2021. Kontribusi Dukungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Anak Broken Home. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 6(1), 6-9. https://doi.org/10.29210/02697jpgi0005
Friedman, M., 2014. Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori dan Praktik (Ed 5). Jakarta: ECG.
Hasbi, H., Rukhviyanti, N., Gunawan, H., 2020. Pembinaan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode ARCS. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 254–259. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.5653
Lagili, I.L., Moonti, U., Mahmud, M., 2019. Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa pada Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Jambura Economic Education Journal, 1(1), 15–29. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i1.2082
Lestari, A., Ma’wiyah, N., Ihsan, M., 2020. Kontribusi Dukungan Keluarga dan Teman Bergaul terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa dengan Memperhatikan Intensitas Belajar. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.1318
Manoppo, A.J., Bolung, F.I., 2019. Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Orang Tua Pada Prestasi Akademik. Nutrix Journal, 3(1), 42-49. https://doi.org/10.37771/nj.vol3.iss1.393
Melisa, P.V., Putra, E.D., 2021. Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(2), 339-345. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39317
Mukson, 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Stiabudi Brebes Tahun 2017. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(7), 116–129. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/170/249
Nasution, S.Z., Purba, W.D., 2017. Pengaruh Dukungan Keluarga terhadap Motivasi Mahasiswa Reguler Menjalani Pendidikan di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 1(3), 223-233. https://doi.org/10.32419/jppni.v1i3.33
Özen, S.O., 2017. The Effect of Motivation on Student Achievement. In Engin Karada? (Ed.), The Factors Effecting Student Achievement: Meta-Analysis of Empirical Studies, (35-56). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-56083-0.
Paujiyah, S.I., Embrik, I.S., Sentosa, B.M., 2022. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Program S1 Keperawatan di STIKES Yatsi Tangerang. Nusantara Hasana Journal, 1(9), 53-58. https://nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/238
Pieters, F.M., Agustina, A., 2021. The Role of Family Social Support on Learning Motivation: A Study on High School Students. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570, 1167–1172. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.183
Rinawati, F., Sucipto, 2019. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 95–100. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/4754
Rismawati, M., Khairiati, E., 2020. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat?: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860
Rohman, A.A., Karimah, S., 2018. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IX. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 95–108. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/2651
Rosyid, M.Z., Mustajab, Abdullah, A.R., 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara
Sadijah, N.A., 2021. Motivasi Belajar ditinjau dari Dukungan Keluarga dan School Well-Being. Psychopedia Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 6(2), 54–61. https://doi.org/10.36805/psychopedia.v6i2.2021
Saragih, M., Silitonga, E., Sinaga, T.R., Mislika, M., 2021. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 73–77. https://doi.org/10.52943/jikeperawatan.v7i1.494
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Indonesia). Diakses tanggal 29 November 2022 dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Uno, H.B., 2021. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (Ed 1). Jakarta: Bumi Aksara
Yusuf, R.F., Sumarwiyah, S., Haryanti, E., 2022. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 472–477. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.433