Pengaruh Peer Educator dan Media Leaflet terhadap Perceived Barrier to Action dalam Konsumsi Tablet Tambah Darah
DOI:
https://doi.org/10.36590/kepo.v5i1.948Keywords:
kepatuhan, edukasi, perceived barrier to action, tablet tambah darahAbstract
Model Promosi Kesehatan (HPM) merupakan teori yang menjelaskan interaksi faktor lingkungan dan persepsi individu yang dapat mempengaruhi perilaku kesehatan. Berdasarkan teori Model Promosi Kesehatan dijelaskan mengapa individu melakukan atau tidak melakukan perilaku kesehatan dan bagaimana individu mengubah perilaku negatif atau menerapkan perilaku kesehatan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan intervensi pendidik sebaya dan media leaflet terhadap hambatan tindakan dalam mengonsumsi tablet suplemen darah. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian Experimental Factorial Design dengan 2 variabel independen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidik sebaya mempunyai pengaruh terhadap persepsi hambatan bertindak sehingga mampu meningkatkan perilaku kepatuhan mengonsumsi tablet suplemen darah di SMAN 4 Maros. Saran dalam penelitian ini adalah bagi remaja putri lebih meningkatkan perilaku kepatuhan konsumsi tablet tambah darah dan bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan mix method dengan melakukan kegiatan lintas program sekolah dan puskesmas.
Downloads
References
Ardhiyanti, Yulrina. 2023. Pengaruh Peer Group Counselor terhadap Pengetahuan Remaja Memberikan Informasi Kesehatan Reproduksi. International Journal of Public Health, 1(2): 168–176. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJOH/article/view/199/211
Astuti, R.W., Suryani, I., 2020. Pemberdayaan Masyarakat melalui Edukasi Kelompok Sebaya sebagai Upaya Pencegahan Anemia Gizi Besi pada Remaja. Jurnal Nutrisia, 22(1), 32–38. doi: 10.29238/jnutri.v22i1.197
Azhari, N., Yusriani, Y., Kurnaesih, E., 2022. Pengaruh edukasi melalui media leaflet terhadap pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduksi remaja. Jurnal Riset Media Keperawatan, 5(1), 38–43. doi: 10.51851/jrmk.v5i1.314
Bahtiar, H., Prihatin, F., 2023. The compliance with blood adding tablet consumption based on theory of planned behaviour. Jurnal Kesehatan, 14(3), 135–141
Bhattacharjee, P., Musyoki, H.K., Becker, M., Musimbi, J., Kaosa, S., Kioko, J., Mishra, S., Isac, S.K., Moses, S., Blanchard, J.F., 2019. HIV Prevention Programme Cascades: Insights from HIV Programme Monitoring for Female Sex Workers in Kenya. Journal of the International AIDS Society, 22(S4): 78–85. doi: 10.1002/jia2.25311
Chusna, F.F., Sulistiawati, Irwanto, 2021. Hubungan Persepsi hambatan dan kemampuan diri dengan intensitas konsumsi tablet Fe pada remaja Putri. Jurnal Kebidanan, 10(2), 82–88. https://doi.org/10.35890/jkdh.v10i2.191
Ety N., Qothimah, Q.H., 2023. Pengaruh Peer Education terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri tentang Kebersihan Diri saat Menstruasi. Jurnal Sosial dan Sains, 3(11): 1208–1218. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i11.1076
Fanaqi, C., Nurkalam, F., Tias, D.A., Syahputri, S.D., Octaviani, N., 2020. Komunikasi kesehatan bagi pelajar dengan pendekatan peer education. Yumary?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.35912/jpm.v1i1.62
Fitri, D.E., Sagita, M.D., 2023. Pengaruh Penggunaan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap siswa tentang rokok di MTs Hasanah Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Mandira Cendikia, 2(2), 71–75
Ineke, N.A., Widyaningsih, E.B., Wahyuni, I.S., 2022. Faktor yang Berhubungan dengan Konsumsi Tablet Fe Saat Menstruasi pada Remaja Putri. Indonesian Journal of Midwifery Scientific, 1(1): 7–12. https://journal.khj.ac.id/index.php/ijm/article/view/27
Nugraheni, S.A., Wahyuningsih, N.E., Hadiyanto, Prihatini, I.J., Sulistyowati, E., Nandini, N., 2019. Improving knowledge of elementary school students as peer educators of reproductive health. Indian Journal of Public Health Research and Development, 10(12), 1875–1879. doi: 10.37506/v10/i12/2019/ijphrd/192141
Page, M.T., Erviana, E., Sikin, A.G., 2023. Media Leaflet dan poster pada tingkat pengetahuan masyarakat tentang hipertensi. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 4(1), 36–45. https://doi.org/10.36590/kepo.v4i1.568
Pramana, C., Merida, Y., 2024. Penyuluhan Pemberian tablet Fe pada remaja di SMK Kesehatan Lhokseumawe. NGABDI: Scientific Journal of Community Services, 2(1), 41–50
Rahmadhani, W., Asti, A.D., 2020. Peningkatan Kesehatan Reproduksi Remaja melalui Pendampingan Kelompok Terapeutik di Desa Indrosari, Kecamatan Bulus Pesantren, Kebumen. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian Dan Bakti), 1(1): 51. doi: 10.26753/empati.v1i1.425
Rohmah, C.M., 2022. Pengaruh Peer Group Counselor terhadap Personal Reference, Thought & Feeling Pelaksanaan Thaharah (Personal Hygiene) Menstruasi pada Santriwati di Ponpes Al-Itqon Semarang [tesis]. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. http://repository.unissula.ac.id/26479/
Sari, A.B.P., 2019. Efl Peer Feedback Through the Chatroom in Padlet. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 22(1): 46–57. doi: 10.24071/llt.v22i1.1701
Subratha, H.F.A., 2020. Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Putri tentang Anemia di Tabanan. Jurnal Medika Usada, 3(2): 48–53. doi: 10.54107/medikausada.v3i2.75
Utari, A.P., Kostania, G., Suroso, S., 2019. Pengaruh pendidikan sebaya (peer education) terhadap sikap dalam pencegahan anemia pada remaja putri di Posyandu Remaja Desa Pandes Klaten. Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Tradisional, 4(1), 51–56. https://doi.org/10.37341/jkkt.v4i1.102
Yusriani, Bahtiar, H., Idris, F.P., Asrina, A., Haeruddin, Mahmud, N.U., 2023. Teacher, peer, and family support is associated with compliance behavior in consuming blood supplements tablets. Journal of Midwifery and Nursing, 5(3), 136–141. https://iocscience.org/ejournal/index.php/JMN/article/view/4178/2961